Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Luncurkan Layanan Penerbangan Bernuansa Klasik

Kompas.com - 08/12/2018, 07:53 WIB
Roderick Adrian Mozes,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi generasi 90'an, Maskapai Garuda Indonesia lekat dengan warna biru berpadu putih. Tapi sebelum menggunakan warna tersebut, Garuda Indonesia pernah berwarna merah oranye.

Jumat (7/12/2018), Garuda Indonesia resmi meluncurkan layanan penerbangan bernuansa klasik bertajuk "Garuda Indonesia Vintage Flight Experience" dengan warna merah oranye.

"Penerbangan ini merupakan salah satu rangkaian menyambut HUT Ke-70 Garuda Indonesia tahun 2019, karena itu Garuda Indonesia menghadirkan penerbangan dengan desain livery pesawat hingga seragam pramugari pada era 70-an," kata Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah.

Baca juga: 9 Tahun Menanti, Akhirnya Garuda Buka Penerbangan Bandung-Singapura

Pikri memaparkan, layanan ini merupakan wujud untuk menghadirkan hal-hal baik di masa lampau dengan diberi sentuhan kekinian yang lebih segar dan inovatif sehingga generasi sekarang bisa merasakan kebaikan tersebut.

Kompas.com berkesempatan mengikuti penerbangan pulang-pergi Garuda Indonesia "vintage" dari Jakarta-Balikpapan.

Baca juga: Garuda Kembali Layani Penerbangan Jakarta-London

Para pramugari mengenakan seragam berwarna krem dengan rok oranye, sedangkan untuk Flight Service Manager (FSM) mengenakan seragam yang keseluruhan berwarna oranye.

Awak kabin Garuda Indonesia, berpose di dalam pesawat Garuda Indonesia dengan nuansa klasik di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (7/12/2018). Garuda Indonesia meluncurkan layanan penerbangan bernuansa klasik bertajuk Garuda Indonesia Vintage Flight Experience dari tanggal 7-17 Desember 2018KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Awak kabin Garuda Indonesia, berpose di dalam pesawat Garuda Indonesia dengan nuansa klasik di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (7/12/2018). Garuda Indonesia meluncurkan layanan penerbangan bernuansa klasik bertajuk Garuda Indonesia Vintage Flight Experience dari tanggal 7-17 Desember 2018
Pada era 1970-1980 seragam klasik yang dikenakan merupakan ciptaan perancang terkenal dari Jepang Hanae Mori.

Tidak hanya itu, atribut klasik diterjemahkan melalui pengoperasian armada Boeing 737-800NG yang disentuh nuansa oranye pada kursi penumpang serasi dengan warna seragam pramugari.

Baca juga: Menu Hokben Bakal Disajikan di Penerbangan Garuda Indonesia

Pada penerbangan tersebut, Pikri Ilham Kurniansyah, menyapa para penumpang melalui Public Address System (PAS) atau mikrofon di pesawat.

Dia menjelaskan bahwa seragam yang digunakan pramugari bukanlah perubahan baru, tapi merupakan model seragam pramugari pada era 1970-1980.

"Ini merupakan komitmen Garuda Indonesia untuk memberikan pengalaman baru dan berkesan bagi penumpang selama terbang bersama Garuda Indonesia," kata Pikri.

Setelah menyapa, Pikri langsung berjalan dari depan ke belakang pesawat, sambil mengucapkan terima kasih kepada seluruh penumpang.

Awak kabin Garuda Indonesia, berpose bersama roti Boelder di dalam pesawat Garuda Indonesia dengan nuansa klasik di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (7/12/2018). Garuda Indonesia meluncurkan layanan penerbangan bernuansa klasik bertajuk Garuda Indonesia Vintage Flight Experience dari tanggal 7-17 Desember 2018KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Awak kabin Garuda Indonesia, berpose bersama roti Boelder di dalam pesawat Garuda Indonesia dengan nuansa klasik di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (7/12/2018). Garuda Indonesia meluncurkan layanan penerbangan bernuansa klasik bertajuk Garuda Indonesia Vintage Flight Experience dari tanggal 7-17 Desember 2018
Dalam penerbangan itu selain mendapatkan makanan seperti biasanya, para penumpang juga disuguhkan dengan roti Bloeder yang merupakan kudapan klasik khas madiun di era 1980-an.

Meskipun bernuansa jadul, para penumpang di penerbangan Jakarta-Balikpapan tetap mendapatkan fasilitas hiburan lengkap.

Penerbangan bernuansa klasik ini akan berlangsung dari tanggal 7-17 Desember 2018 dan melayani sejumlah rute pulang pergi (PP), yakni: Surabaya-Jakarta, Jakarta-Balikpapan dan Jakarta Singapura.

Lihat foto Selengkapnya: Melihat Penerbangan Garuda Indonesia Bernuansa Klasik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com