Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Baso Juara di Bandung Hadirkan Bakso Batok, Pentol, hingga Pelakor

Kompas.com - 09/12/2018, 09:06 WIB
Reni Susanti,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com – Ratusan pengunjung memadati Festival Baso Juara 2018 yang digelar di Jalan Soekarno, Bandung, Sabtu (8/12/2018).

Mereka berbondong-bondong datang untuk mencicipi berbagai macam suguhan bakso dari beberapa daerah di Bandung, Garut, dan Tasikmalaya.

“Pilihan baksonya lengkap. Ada yang sudah saya kenal, ada juga yang baru saya lihat. Jadi, saya beli yang belum pernah saya coba,” ujar Evita Eriana kepada Kompas.com, Sabtu (8/12/2018).

Evita mencoba bakso kelapa muda dan pentol. Bakso kelapa muda ini terbilang unik. Karena bakso, mie, siomay, dan tahu disajikan di dalam kelapa muda.

“Penyajiannya unik. Jadi kaya buang aja air kelapanya, terus ganti dengan kuah bakso beserta isinya. Jadinya penasaran,” tuturnya.

Bakso kelapa muda menyuguhkan gurihnya baso yang disajikan di dalam kelapa muda.KOMPAS.com/RENI SUSANTI Bakso kelapa muda menyuguhkan gurihnya baso yang disajikan di dalam kelapa muda.

Begitupun dengan pentolnya, dimasak dengan semenarik mungkin, terutama untuk pentol bakar. Pengunjung bisa langsung melihat proses pembuatannya.

“Rasanya enak, cara bikinnya pun unik,” tutur Evita.

Bakso kelapa muda dan pentol merupakan salah satu dari 40 stan yang dihadirkan dalam acara tahunan ini. Para penjual bakso ini menawarkan berbagai keunikan dalam sajian maupun namanya.

Misalnya bakso spiderman, bakso tumpeng, bakso tomyum, hingga bakso batok karena disajikan di atas batok kelapa.

Festival Baso Juara 2018 digelar di Jalan Soekarno, Kota Bandung, Jumat-Minggu (7-9 Desember 2018). Acara ini menghadirkan 40 tenant dari sejumlah daerah di Bandung, Garut, dan Tasik.KOMPAS.com/RENI SUSANTI Festival Baso Juara 2018 digelar di Jalan Soekarno, Kota Bandung, Jumat-Minggu (7-9 Desember 2018). Acara ini menghadirkan 40 tenant dari sejumlah daerah di Bandung, Garut, dan Tasik.

Ada pula bakso pelakor yang menawarkan cita rasa super pedas, bagai dilabrak istri pertama. Nama-nama unik ini pun menarik minat pembeli, selain rasa yang disuguhkan.

Selain itu, sejumlah artis ikut menawarkan produknya. Seperti Irfan Hakim dan Agung Hercules yang terkenal dengan bakso barbelnya.

“Tadi saya beli bakso iga, rasanya enak. Tadi sempat bingung mau beli apa, karena banyak banget,” tutur Nur Azizah.

Sejumlah artis ikut dalam Festival Baso Juara, seperti sajian bakso yang ditawarkan Irfan Hakim. KOMPAS.com/RENI SUSANTI Sejumlah artis ikut dalam Festival Baso Juara, seperti sajian bakso yang ditawarkan Irfan Hakim.

Festival Baso ketiga ini akan diselenggarakan 7-9 Desember 2018 di Jalan Soekarno (Cikapundung Timur) pukul 09.00-21.00 WIB.

Untuk memudahkan pembeli, transaksi menggunakan voucher dengan nominal Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, dan Rp 50.000.

Selama 3 hari penyelenggaraan, memiliki tema-tema yang berbeda. Pada Jumát mengusung tema Jumát Berkah.

Kemudian Sabtu bertemakan Kebudayaan, dan Minggu yang menjadi hari puncak, mengangkat tema “Family Day”.

Berikut video Festival Baso Bandung:


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com