Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecinta Roti Harus Tahu, Ini Negara Penghasil Roti Terbaik di Dunia

Kompas.com - 10/12/2018, 13:21 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

JAKARTA, KOMPAS.com - Toko roti Perancis mungkin terkenal seantero dunia. Tetapi jika bicara negara penghasil roti terbaik dunia, Jerman juaranya. Ada berbagai alasan mengapa Jerman didaulat sebagai negara penghasil roti terbaik dunia.

Budaya membuat roti di Jerman bahkan masuk ke dalam daftar Warisan Budaya Dunia Tak Benda dari UNESCO pada 2015. Berikut adalah fakta menarik soal budaya membuat roti di Jerman:

1. Sejarah Perkembangan Roti di Jerman

Sampai abad 19, Jerman adalah wilayah yang terdiri dari ratusan kota kecil dan kerajaan. Masing-masing kota atau kerajaan memproduksi roti yang menjadi ciri khas tersendiri.

Perdagangan yang berkembang pesat pada abad pertengahan juga membantu distribusi pengenalan roti masing-masing daerah di Jerman.

2.  Jenis Roti Berjumlah Fantastis

Saat ini adalah lebih dari 3.200 jenis roti yang terdaftar resmi di German Institute for Bread. Banyaknya jenis roti di Jerman juga didorong kreativitas masyarakat yang tidak dapat mengolah gandum.

Sebab Jerman adalah negara yang tidak mendapat sinar matahari berlimpah layaknya Perancis atau Italia, sehingga gandum putih tidak dapat tumbuh subur.

Alhasil yang digunakan adalah tanaman serelia lain seperti gandum hitam (rye) atau gandum dinkel (spelt). Hanya daerah bagian Selatan Jerman yakni Munich dan Stuttgart yang banyak mengolah roti berbahan gandum putih.

Roti jadi makanan pokok di Jerman. Dok. CNN Travel International Roti jadi makanan pokok di Jerman.

3. Ciri Khas Roti Jerman

Disebutkan roti jerman memiliki ciri khas roti yang mengenyangkan, padat, mengembang, dan ciabatta (tidak ada gula, susu, bahan tinggi lemak, kaya omega 9 dan baik untuk kolestrol jahat).

Ada sebuah kisah menarik, dari sastrawan Johann Wolfgang von Goethe pada 1792 yang mencatat dari medan perang. Ia menawarkan beberapa roti gandum hitam kepada dua tahanan tentara Perancis.

Setelah makan roti tersebut, mereka langsung dapat membebaskan diri dan kabur kembali ke pasukan mereka.

4. Roti 'Mendarah Daging' di Jerman

Roti menjadi makanan pokok di Jerman. Sampai sarapan disebut 'Pausenbrot' yang artinya waktunya makan roti, makan malam jadi 'Abendbrot' yang artinya roti untuk sore hari. Masih banyak ungkapan kehidupan sehari-hari yang diwakili roti.

Di Jerman juga ada kartun anak-anak yang populer, tokohnya tak lain berbentuk roti bernama Bernd. Bahkan sistem pengiriman kartu pos di  Jerman memiliki slogan dengan arti "Budaya Roti Jerman". 

Pembuat roti di Jerman.Dok. CNN Travel International Pembuat roti di Jerman.

5. Pembuat Roti Profesi yang Bergengsi di Jerman

Untuk menjadi pembuat roti di Jerman bukan hal yang mudah. Pembuat roti harus menyelesaikan pelatihan sampai level atas, kemudian pelatihan kreativitas. Ada standar kualitas roti dan ukuran untuk setiap roti di Jerman. Bahkan ada kontes "Bread of The Year" setiap tahunnya.

Untuk itu pembuat roti di Jerman adalah profesi bergengsi. Sayangnya semakin sedikit generasi muda Jerman yang tertarik untuk menjadi pembuat roti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com