Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Keindahan Pantai Wediombo dan Pantai Greweng di Gunungkidul

Kompas.com - 14/12/2018, 15:10 WIB
Mela Arnani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menghabiskan akhir pekan dengan mengunjungi pantai memang menyenangkan. Apalagi, menjajal pantai yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Jika sedang berada di wilayah Yogyakarta, tak ada salahnya mencoba untuk nikmati pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Wilayah Gunungkidul memang salah satu daerah yang tidak bisa dilepaskan jika kita membahas tentang pantai. Pasir putihnya, jernih airnya, dan pemandangan alamnya tak dapat dipungkiri akan memanjakan mata.

Ada dua pantai menarik yang ada di Gunungkidul, yaitu Pantai Wediombo dan Pantai Greweng. Berikut ulasannya:

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo memang terletak agak jauh dari pusat Kabupaten Gunungkidul dengan waktu tempuh sekitar 90 menit. Pantai ini tepatnya berlokasi di Balong, Girisubo, Gunungkidul.

Meskipun agak jauh, akses menuju pantai ini tersedia dengan layak. Jalan raya beraspal dengan pemandangan perbukitan akan kita nikmati sepanjang perjalanan.

Tempat parkir yang disediakan cukup memadai. Hanya dengan membayar uang retribusi dan uang parkir tak sampai Rp 20.000, kita sudah dapat menikmati keindahan pantai dengan pasir putihnya.

Akses menuju pantai juga tak begitu jauh dari lokasi parkir kendaraan. Kita hanya perlu menuruni kurang dari 50 anak tangga yang telah dibeton.

Sesampainya di bawah, mata kita akan dimanjakan dengan hamparan luas pasir putih pantai ini.

Baca juga: 100 Pantai Terbaik Dunia, Ada Berapa Pantai dari Indonesia?

Pantai Wedi OmboKOMPAS.com/Mela Arnani Pantai Wedi Ombo

Di tengah pantai terdapat batu-batuan besar yang dapat dicapai saat air surut. Biasanya air surut ketika siang hari. Batu-batuan ini cantik sekali dan sangat mendukung untuk berfoto.

Tak hanya itu, di sepanjang pinggiran pantai terdapat pohon-pohon rindang yang akan menambah kesejukan pantai ini.

Jika Anda menyusuri pantai hingga ke ujung timur, maka akan melihat seperti sebuah kolam alami di antara bebatuan besar.

Namun, ketika Kompas.com berkunjung ke sana, salah satu warga menyebutkan jika kolam ini tertimbun karang karena air pasang yang menerjang pantai ini beberapa waktu lalu.

Ketika sore menyapa, akan semakin indah jika dengan bersantai duduk di pinggiran pantai sambil menikmati kesegaran air kelapa yang dapat dibeli di warung-warung pinggir pantai.

Hamparan pasir pantainya yang luas memungkinkan pengunjung untuk melakukan kegiatan berkemah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com