Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Leuwi Jurig, Pemandian Alami nan Misterius di Garut

Kompas.com - 17/12/2018, 19:10 WIB
Reni Susanti,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


GARUT, KOMPAS.com – Bagi Anda yang suka menantang adrenalin dan belum mengetahui akan liburan kemana akhir tahun ini, bisa mengunjungi Leuwi Jurig.

Leuwi Jurig berada di Kampung Rupit, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Bagi Anda yang berasal dari Jakarta, Anda bisa menuju Bandung via tol Cileunyi, kemudian ke Kota Garut. Dari sana, dibutuhkan 2-3 jam perjalanan mobil ke arah Bungbulang.

Meski membutuhkan waktu perjalanan cukup panjang, Anda tidak perlu khawatir. Terutama saat memasuki kawasan Garut.

Sebab, Anda akan disuguhkan keindahan alam Garut. Seperti hutan, kebun teh, perkampungan khas sunda dengan rumah panggungnya, ditambah udara yang sejuk.

Begitu melewati Kecamatan Pakenjeng, Anda sebaiknya bertanya kepada warga mengenai lokasi Leuwi Jurig. Sebab Leuwi Jurig berbeda dengan tempat wisata umumnya yang ramai.

Di sini, pengunjung tidak akan menemukan papan besar bertuliskan “Leuwi Jurig”. Pengunjung pun tak begitu ramai. Hanya ada beberapa warga sekitar ataupun orang lewat yang ingin berfoto ataupun berenang. Namun ada sejumlah warung yang bisa membantu pengunjung menuju lokasi.

Baca juga: 4 Rekomendasi Tempat Nongkrong Kekinian di Garut

Kompas.com saat itu ditemani seorang anak pemilik warung bernama Raffi. Ia mengantarkan ke Leuwi Jurig termasuk menjadi guide. Sebab hingga kini belum ada guide resmi di Leuwi Jurig.

Raffi meminta pengunjung menyimpan kendaraan di parkiran dengan membayar Rp 10.000. Kemudian ia mengantarkan pengunjung lewat jalan setapak menuju Leuwi Jurig.

Begitu sampai, Anda akan melihat hamparan batu tinggi nan terjal. Di bagian bawah terdapat aliran air tenang berwarna hijau tua, pertanda kedalaman air.

“Dalamnya lebih dari 10 meter. Kalau yang di ujung sana 1-2 meteran,” ujar Raffi.

Leuwi Jurig berada di Kampung Rupit, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di sini pengunjung bisa berenang di kedalaman air lebih dari10 meter dengan pemandangan yang indah.KOMPAS.com/RENI SUSANTI Leuwi Jurig berada di Kampung Rupit, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di sini pengunjung bisa berenang di kedalaman air lebih dari10 meter dengan pemandangan yang indah.

Suasana yang sepi dan hawa yang sejuk membuat Leuwi Jurig yang indah sangat tenang dan seperti milik pribadi. Pengunjung bisa mengambil beberapa foto yang intagramable di sana.

Atau jika ingin berenang, Anda bisa menuruni bebatuan yang terjal dengan hati-hati. Airnya sangat jernih dan segar.

Bagi yang bisa berenang, pengunjung bisa langsung loncat untuk berenang di kedalaman air lebih dari 10 meter. Begitu tubuh bersentuhan air, lelah selama perjalanan terbayar sudah.

Anda akan merasakan segarnya air pedesaan hingga lupa waktu. Namun, bagi yang tidak bisa berenang, Raffi akan menyarankan pengunjung berenang di daerah hilir yang kedalaman airnya hanya 1-2 meter.

Di aliran air sedalam 1-2 meter ini pun, terdapat banyak batu besar yang bisa dijadikan spot untuk berfoto.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com