Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Wisata di Kota Batu Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2019

Kompas.com - 20/12/2018, 13:15 WIB
Andi Hartik,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Berada di ketinggian 700 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut, Kota Batu menyimpan banyak destinasi wisata. Selain wisata alam, kota yang berdiri pada 17 Oktober 2001 itu memiliki berbagai wisata buatan.

Jawa Timur Park Group mendominasi wisata buatan di kota itu. Perusahaan pengelola wisata itu memiliki beragam jenis wisata.

Mulai dari Jatim Park 1 yang memuat wahana bermain dan Museum Tubuh. Selain itu juga ada Jatim Park 2, teridiri dari Eco Green Park dan Batu Secret Zoo.

Baca juga: Jatim Park Group Hadirkan Fasilitas Angkutan Wisata Gratis

Jatim Park Group juga mengelola Museum Angkut dan Predator Fun Park serta Batu Night Spectacular (BNS). Terbaru, Jatim Park Group mendirikan Jatim Park 3 yang terdiri dari Dino Mall, Museum Musik Dunia dan The Legend Star.

Selain itu juga ada lokasi wisata yang menawarkan keindahan alam, seperti Selecta. Wisata yang eksis sejak masa Hindia-Belanda itu menawarkan wahana bermain dan pemandangan beragam jenis bunga.

Baca juga: Liburan di Jatim Park 3, Ini 5 Rekomendasi Atraksinya

Ada juga Coban Talun, Coban Rais dan Coban Rondo. Beberapa kawasan di sekitar air terjun itu dihias degan beragam bentuk dan warna supaya asik untuk berfoto. Lokasi Paralayang di Gunung Banyak juga menyimpan keindahan karena dapat melihat hamparan Kota Batu dari atas.

"Di Batu banyak alternatif wisata baik wisata buatan seperti JTP 3 (Jatim Park 3) yang sedang hits, Selecta, wisata desa dan juga wisata alam seperti Coban Talun, Coban Rais dan Paralayang yang masing-masing destinasi menawarkan konsep dan keunikan berwisata yang berbeda," kata Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu, Titik S Ariyanto, Kamis (20/12/2018).

Wahana Jelajah 5 Jaman di Jatim Park 3.https://jtp.id Wahana Jelajah 5 Jaman di Jatim Park 3.
Titik menyampaikan, tidak cukup hanya satu hari untuk mengeksplor seluruh destinasi wisata di Kota Batu. Karenanya, libur Natal dan Tahun Baru 2019 merupakan kesempatan bagi wisatawan untuk merasakan keindahan kota dengan suhu udara rata-rata mencapai 11 hingga 19 derajat selsius itu.

"Hal ini membuat wisatawan tidak menyia-nyiakan kesempatan berlibur akhir tahun di Batu. Mereka harus menghabiskan waktu paling sedikit satu malam dua hari untuk bisa mengeksplorasi keragaman wisata di Batu. Belum lagi mereka harus berwisata kuliner dan oleh-oleh," kata Titik yang juga merupakan Marketing and Public Relation Manager di Jatim Park Group.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com