Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua Asita Banten: Pariwisata di Pantai Anyer Tak Terdampak

Kompas.com - 23/12/2018, 15:34 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Banten, Mukhlis Ikhsor Gatot mengatakan peristiwa tsunami di pesisir Pantai Panimbang dan sekitarnya tak memengaruhi kondisi pariwisata di sebagian wilayah Pantai Anyer. Menurutnya, wisatawan terpantau masih berwisata di sekitar Pantai Anyer.

"Yang terkena itu daerah Pantai Carita. Karena antara jalan dan laut sangat landai. Ombaknya besar. Sementara kan daerah Marbella Anyer kan daerah yang tinggi. Hanya sebagian kecil yang check out yang saya lihat," kata Mukhlis saat dihubungi KompasTravel, Minggu (23/12).

Mukhlis mengatakan saat ini dirinya sedang berada di daerah Marbella, Anyer. Menurutnya, di hotel tempatnya menginap masih terlihat sejumlah wisatawan yang berlibur.

"Anyer itu gak ada masalah. Pariwisata tak kena dampak. Yang terkena dampak ombak itu dari Carita dan Tanjung Lesung. Kalau di Anyer ombaknya kecil," ujarnya.

Baca juga: Pascatsunami, Seluruh Aktivitas Promosi Wisata Banten dan Lampung Dihentikan

Biasanya pada akhir tahun, banyak wisatawan yang menghabiskan masa liburan bersama keluarga ke Pantai Anyer. Biasanya, wisatawan berlibur di sepanjang daerah Anyer, Carita, dan Tanjung Lesung.

"Beberapa kawan bilang itu hotel penuh. Contohnya di Marbella dari tanggal 22 Desember sudah penuh. Di Aston, itu juga malam tahun baru juga penuh. Dengan ada berita ini, saya prihatin dan khawatir wisatawan nanti itu banyak yang cancel," pungkas Mukhlis.

Sebelumnya, tsunami terjadi di wilayah pesisir Selat Sunda pada Sabtu (22/12). Daerah yang terdampak tsunami ada di tiga kabupaten yaitu Panimbang, Serang, dan Lampung Selatan.

"Daerah yang terdampak parah adalah permukiman dan wisata di Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sumur, Pantai Teluk Lada, Pantai Panimbang, dan Pantai Carita," papar Sutopo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BNPB: Dampak Tsunami Banten, 20 Orang Meninggal dan 165 Orang Luka-luka", https://nasional.kompas.com/read/2018/12/23/06172491/bnpb-dampak-tsunami-banten-20-orang-meninggal-dan-165-orang-luka-luka.
Penulis : Dylan Aprialdo Rachman
Editor : Ana Shofiana Syatiri

Daerah yang terdampak parah adalah permukiman dan wisata di Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sumur, Pantai Teluk Lada, Pantai Panimbang, dan Pantai Carita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com