Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Seluruh Hotel di Aceh Tengah Penuh Wisatawan

Kompas.com - 25/12/2018, 12:03 WIB
Masriadi ,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

TAKENGON, KOMPAS.com – Libur panjang ditambah Natal, 23-25 Desember 2018 berdampak pada sejumlah hotel dan penginapan di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. Seluruh penginapan di dataran tinggi Gayo itu dilaporkan fully booked alias ludes dipesan tamu.

Salah seorang karyawan Hotel Arafah, Aceh Tengah, Muhammad, Minggu (23/12/2018) menyebutkan hotel itu bahkan tiga hari ke depan masih penuh oleh sejumlah wisatawan yang menghabiskan hari libur di Dataran Tinggi Gayo itu.

“Kalau hotel setahu saya sudah penuh semua. Tadi siang, masih ada kamar eksekutif, tarifnya Rp 850.000 per malam. Itu pun sisa dua kamar lagi, malam ini semua sudah full,” katanya.

Baca juga: Wisata Arung Jeram Takengon, Sensasi Mengarungi Sungai Pesangan

Dia menyebutkan, informasi dari hotel lainnya juga sama. Sehingga, wisatawan memilih opsi menginap di sejumlah wisma. Menurut hasil kunjungan Kompas.com ke sejumlah hotel, mayoritas hotel dipesan hingga 26 Desember 2018.

Hal yang sama disebutkan seorang wisatawan lokal dari Kota Lhokseumawe, Aceh, Jafaruddin Yusuf.

Baca juga: Menikmati Makanan dengan Bumbu Tradisional Aceh Tanpa Penyedap

Dia menyebutkan kesulitan mendapat penginapan. “Saya setelah berkali-kali mencari hotel, ke mana-mana, baru ketemu satu kamar. Itu pun kamar terakhir, hingga saya tak punya pilihan,” katanya.

Dia menyebutkan, tingkat kunjungan wisatawan yang kian meningkat dari waktu ke waktu di Kabupaten Aceh Tengah seharusnya dijadikan potensi ekonomi oleh pemerintah daerah itu.

Obyek wisata alam Danau Laut Tawar di Takengon, Aceh Tengah, Aceh.KOMPAS.com/FIKRIA HIDAYAT Obyek wisata alam Danau Laut Tawar di Takengon, Aceh Tengah, Aceh.
“Mungkin pemerintah bisa bangun sebuah hotel yang representatif, yang dilengkapi berbagai fasilitas, sehingga begitu ada lonjakan pengunjung, selalu terpenuhi, pengunjung tidak kecewa,” katanya.

Saat ini, destinasi Danau Laut Tawar dan Pantan Terong masih menjadi primadona kawasan wisata yang wajib di kunjungi di daerah itu. Umumnya pengunjung datang dari sejumlah kabupaten/kota di Aceh.

“Ke depan, hotel dan penginapan yang bagus dan murah tentu saja patut ditambah di Aceh Tengah,” kata Jafaruddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com