Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Desember, Danau Kelimutu Kembali Berubah Warna

Kompas.com - 28/12/2018, 14:29 WIB
Nansianus Taris,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

ENDE, KOMPAS.com - Danau Kelimutu, danau tiga warna obyek wisata yang cukup terkenal di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) dikabarkan kembali berubah warna pada bulan Desember 2018.

Tidak seperti biasanya, setiap tahun danau ini berubah warna pada bulan Februari-Maret.

"Tahun ini perubahannya lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya Februari-Maret, tetapi ini di Desember sudah mengalami perubahan," kata Kepala Balai TN Kelimutu, Agus Sitepu kepada Kompas.com, Kamis (27/2/2018) sore.

Baca juga: Kunjungan Wisatawan ke Danau Kelimutu Meningkat Pesat

Ia menjelaskan, perubahan warna air Danau Atapolo terpantau berubah warna dalam 1 bulan terakhir dari hijau toska ke hijau tua/daun dan beberapa hari ini hijau dominan kecoklatan.

Ia menjelaskan, perubahan warna danau itu umumnya diperkirakan interaksi perubahan aktivitas vulkanik, geologi, dan faktor luar hujan matahari sehingga mempengaruhi komposisi kandungan air danau ditambah pantulan.

Agus menambahkan, berdasarkan informasi dari pos pemantau, gunung api Kelimutu dalam kondisi masih termasuk normal. Jadi, perubahan warna air danau tidak mempengaruhi aktivitas gunung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com