Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Menyelam di Timor Leste

Kompas.com - 31/12/2018, 15:01 WIB
I Made Asdhiana

Editor

KOMPAS.com - Pertama tiba di Dili, Timor Leste, begitu turun dari pesawat, sembari mata menyesuaikan teriknya matahari, pandangan tertuju ke ujung landasan pacu, di mana saya melihat laut, laut, dan laut.

Dari permukaan saja sudah terlihat indah, saya menjadi penasaran, bagaimana dengan di bawah laut? Pasti lebih indah lagi.

Setelah beberapa lama tinggal di Dili, rasa penasaran itu semakin menjadi.

Saya akhirnya memutuskan untuk singgah di sebuah dive center untuk bertanya-tanya mengenai scubadiving di Timor-Leste.

Baca juga: Apakah Bisa Berenang Jaminan Bisa Diving?

David, manajer dive center yang saya datangi sangat ramah dan menjelaskan bahwa Timor Leste memiliki kekayaan bawah laut yang luar biasa.

Di Dili dan sekitarnya saja, terdapat banyak dive site untuk dijelajahi, dari yang jaraknya hanya 10 menit dari pusat kota Dili, hingga yang jaraknya satu setengah jam ke arah timur maupun barat pusat kota Dili.

Alam bawah laut di dive site Secret Garden, Timur Kota Dili, Timor Leste.ARYA DARU PANGAYUNAN Alam bawah laut di dive site Secret Garden, Timur Kota Dili, Timor Leste.
Selain itu, ada pula dive site di utara kota Dili yang dapat ditempuh dengan dive boat selama satu setengah jam, yaitu di Pulau Atauro.

Baca juga: Berapa Minimum Biaya Diving untuk Pemula di Raja Ampat?

Bagaimana saya dapat memulai scubadiving dan mengeksplor itu semua? Saya sekali pun belum pernah menyelam.

"Not to worry," kata David, melalui program Open Water Diver Certification dari Professional Association of Diving Instructors (PADI) yang disediakan oleh dive center.

Melalui program ini seseorang yang sama sekali tidak memiliki pengalaman menyelam dapat memperoleh sertifikasi untuk scubadiving dengan aman hingga kedalaman 18 meter.

Baca juga: Jangan Samakan Peralatan Scuba Diving dengan Freediving

Tanpa pikir panjang saya langsung mendaftar program Open Water Diver Certification dengan biaya 450 dollar AS yang meliputi online course, 1 kali sesi confined water atau sesi kolam renang, serta 4 kali sesi open water atau praktek di laut, dan biaya tersebut sudah termasuk sewa alat.

Alam bawah laut di dive site Coral Garden, Pulau Atauro, Dili, Timor Leste.ARYA DARU PANGAYUNAN Alam bawah laut di dive site Coral Garden, Pulau Atauro, Dili, Timor Leste.
Setelah memperoleh password untuk akun program Open Water Diver Certification, saya mulai belajar mengenai teori-teori dasar scubadiving.

Teori-teori dalam online course tersebut harus benar-benar dipahami oleh para calon penyelam karena berhubungan dengan keselamatan.

Selesai online course, saya melapor ke dive center dan langsung dapat memulai sesi confined water di kolam renang. Instruktur yang membimbing saya bernama Chris dari Swedia.

Sebelum masuk ke kolam renang, Chris mengajari saya cara merakit peralatan scuba, merangkai Buoyancy Compensating Device (BCD) dan regulator ke tanki, dimana saya harus merangkai dan membongkar peralatan sampai lima kali hingga saya hafal di luar kepala.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com