Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Kembali Gelar Festival Es dan Salju Terbesar di Dunia

Kompas.com - 03/01/2019, 16:10 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com – Udara musim dingin dengan es dan salju merupakan suatu kesenangan bagi banyak orang. Khususnya bagi masyarakat negara musim tropis, tentu menikmati musim dingin adalah pengalaman langka.

Tak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk menikmati salju dan es. Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival akan kembali digelar di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China bagian utara pada 5 Januari - 5 Februari 2019.

Satu hal yang spesial, acara ini merupakan festival salju dan es terbesar di dunia yang menampilkan berbagai instalasi dan aktivitas spektakuler.

Baca juga: Ibarat Negeri Dongeng di Festival Es dan Salju Harbin

Dunia es dan salju Harbin dibuat dari balok es yang ditarik dari Sungai Songhua di dekatnya. Tahun ini, festival digelar di area seluas lebih dari 600.000 meter persegi.

Tak hanya diadakan di tempat yang begitu luas. Festival kali ini juga akan mencakup lebih dari 100 landmark yang dibuat dari 110.000 meter kubik es dan 120.000 meter kubik salju.

Keseruan Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival

Ketika mengunjungi Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival, pengunjung bisa berjalan di atas kastil es raksasa. Ada pula patung Buddha spektakuler yang dibuat dari sekitar 4.500 meter persegi salju.

Pengunjung juga akan dibuat terpukau dengan pertunjukan cahaya tiga dimensi. Tidak ketinggalan, seluncuran es bertema Cahaya Utara sepanjang 340 meter juga akan menambah keseruan festival ini.

Ada pula karya-karya pematung dari 12 negara berbeda yang bersaing untuk memenangkan kompetisi tahunan ini.

Harbin International Ice and Snow Festival Shutterstock Harbin International Ice and Snow Festival

Kota di sekitar gelaran acara pun mengadakan kegiatan yang bisa dinikmati hingga akhir Februari 2019. Salah satunya adalah manusia salju dengan berbagai bentuk dan ukuran yang didirikan di sepanjang sungai.

Digelar pertama kali pada 1985, Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival ini terinspirasi dari lentera tradisional Heilongjiang yang diukir dari es dan diterangi lilin.

Festival ke-35 pada 2019 ini pun dianggap sebagai festival musim dingin terbaik di dunia bersama Sapporo Snow Festival di Jepang, Quebec Winter Carnival di Kanada, dan Holmenkollen Ski Festival di Norwegia.

Tiket untuk Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival ini dibanderol seharga 48 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com