Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan untuk Meminimalkan "Jet Lag"

Kompas.com - 03/01/2019, 19:14 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jet lag atau gangguan terhadap ritme sirkadian tubuh akibat perjalanan jarak jauh khususnya menggunakan pesawat bukanlah hal yang mudah. Ketika banyak orang mengejar waktu untuk bekerja atau berwisata, jet lag dapat menjadi hambatan.

"Penelitian menunjukkan apa yang dimakan dan dan diminum dapat berpengaruh kepada waktu biologis," kata Dietitian Ryan Maciel, R.D.N.

Selain menghindari alkohol dan minum banyak air, berikut adalah makanan yang dapat dipilih untuk meminimalisir jet lag:

1. Karbohidrat untuk Makan Malam

Makanan seperti nasi, pasta, dan kentang untuk makan malam dapat membantu tubuh lebih mudah tidur. Begitu pula dengan protein unggas serta ikan.

2. Camilan Sebelum Tidur

Menyantap buah ceri, pisang, dan susu skim sebelum tidur juga dapat membantu tubuh lebih mudah beristirahat.

3. Konsumsi Buah Beri

Kandungan dalam buah-buahan beri sangat baik untuk meminimalisir jet lah, karena kaya serat, air, dan antioksidan. Selain buah beri, ada juga semangka dan sayuran seperti selada dan seledri yang dapat meminimalisir jet lag. Dapat dikonsumsi sebagai camilan dan makanan penutup.

4. Jangan Menyantap Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji yang banyak kandungan garam dan keju membuat tubuh mudah haus dan kehilangan energi. Pilihlah makanan sehat dengan kandungan karbohidrat, protein, dan serat untuk makanan.

5. Atur Waktu Minum Kopi

Tubuh butuh waktu enam sampai 10 jam untuk memproses kafein. Jadi meskipun tiba di destinasi pagi hari, urungkan niat untuk meminum kopi terlebih dahulu. Sebagai gantinya, dapat meminum teh chamomile untuk membantu Anda agar lebih cepat tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com