Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! Ini Jadwal Wisata Budaya Nusantara Sepanjang Februari 2019

Kompas.com - 07/01/2019, 14:18 WIB
Sherly Puspita,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berlibur semestinya tak melulu soal belanja, spot foto menarik, atau berburu makanan enak.

Wisata budaya bisa jadi salah satu pilihan menghabiskan waktu berlibur yang menarik. Melihat berbagai budaya masyarakat Indonesia lengkap dengan kearifan masyarakat lokalnya tak hanya akan menyisakan pengalaman tak terlupakan, namun juga akan menambah wawasan Anda.

Berikut ini Kompas.com merangkum 3 acara yang bertema wisata budaya yang akan digelar selama bulan Februari 2019.

1. Cap Go Meh di Singkawang

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalimantan Barat akan menggelar perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang pada tanggal 5 hingga 19 Februari 2019.

Perayaan ini dilaksanakan pada hari ke-15 setelah perayaan Tahun Baru Imlek.

Salah satu wisatawan memberanikan diri berswafoto atau selfir ditengah pawai tatung Cap Go Meh Singkawang yang sakral, Sabtu (11/2/2017)KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu wisatawan memberanikan diri berswafoto atau selfir ditengah pawai tatung Cap Go Meh Singkawang yang sakral, Sabtu (11/2/2017)
Perayaan yang digelar secara rutin setiap tahunnya ini merupakan salah satu acara andalan untuk mendatangkan wisatawan mancanegara ke Kalimantan Barat.

Tahun lalu, tercatat sebanyak 26 Duta Besar dari negara sahabat datang untuk melihat festival ini.

Dalam perayaan ini Anda daat menyasikan ratusan orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur yang biasa disebut tatung atau loya oleh warga sekitar melakukan parade mengelilingi kota dengan atraksi- atraksi ekstrem. Ada juga orang memukul gendang untuk mengusir roh jahat.

2. Festival Pulau Penyengat di Tanjungpinang

Vihara Ksitigarbha Budhisattva atau yang dikenal dengan nama Vihara Patung Seribu.KOMPAS.COM/AMBAR NADIA Vihara Ksitigarbha Budhisattva atau yang dikenal dengan nama Vihara Patung Seribu.

Festival ini telah dilaksanakan sejak tahun 2016. Festival ini merupakan acara unggulan Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau yang berpusat di Kota Tanjungpinang.

Tahun ini festival ini akan digelar pada tanggal 14 hingga 18 Februari 2019 di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang.

Dalam festival ini Anda akan menyaksikan berbagai perlombaan seperti Lomba
Panggak Gasing, Lomba Jong, Lomba Dayung Sampan, Lomba Sampan Layar,
Lomba Ngambat Itik, Lomba Pukul Bantal, Lomba Berbalas Pantun, Lomba Syarhil Gurindam, Carnaval Fashion, Lomba Berzanzi, Lomba Melukis dan Mewarnai, Festival Kuliner Melayu, dan Lomba Becak Hias.

3. Pesona Bau Nyale di Mandalika

Lombok Tengah, Kompas.com-Tradisi Bau Nyale adalah tradisi menangkap cacing laut, yang dipercaya  sebagai jelmaan Putri Mandalika, seorang putri cantik yang menceburkan dirinya ke laut lepas, karena tak menginginkan pertengkaran antar pangeran yang memperebutkan dirinya. kompas.com/fitri Lombok Tengah, Kompas.com-Tradisi Bau Nyale adalah tradisi menangkap cacing laut, yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika, seorang putri cantik yang menceburkan dirinya ke laut lepas, karena tak menginginkan pertengkaran antar pangeran yang memperebutkan dirinya.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Barat akan menggelar acara bertajuk Pesona Bau Nyale pada tanggal 20 Februari 2019 di kawasan Mandalika.

Pesona Bau Nyale merupakan core event kegiatan budaya di pesisir pantai selatan Pulau Lombok tepatnya di pantai Kuta, Seger, dan Aan di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Bau Nyale merupakan suatu kejadian alam yang diabadikan dalam legenda Putri Mandalika yang bijaksana yang menjadi rebutan dan ingin dipersunting oleh beberapa putra mahkota dari kerajaan-kerajaan Lombok.

Bagaimana, tertarik? Jika iya, segera siapkan rencana perjalanan Anda. Selamat berlibur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com