Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Beyonce, Museum Louvre Pecahkan Rekor di 2018

Kompas.com - 07/01/2019, 20:15 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Museum Louvre di Paris, Perancis memecahkan rekor jumlah pengunjung pada 2018. Terhitung ada 10,2 juta pengunjung yang bertandang ke Museum Louvre di 2018.

Jumlah kunjungan tersebut unggul dari jumlah rekor kunjungan tertinggi selama ini yang jatuh pada 2012 mencapai 9,7 juta pengunjung.

Naiknya jumlah pengunjung ke Museum Louvre tak lain karena video klip penyanyi Amerika Serikat, Beyonce dan suami Jay-Z. Dalam video klip lagu bertajuk Apesh*it, Beyonce tampil dalam busana nyentrik, menyesuaikan suasana seni di Museum Louvre.

Baca juga: Indonesia A Fascinating Journey Digelar di Depan Museum Louvre

Selain Beyonce, naiknya jumlah kunjungan di Museum Louvre disebabkan pulihnya pariwisata Perancis setelah 2015 dan 2017 menurun drastis karena serangan teroris.

Museum Louvre juga melakukan perbaikan yang memakan biaya sampai 68 juta dollar AS. Renovasi tersebut selesai pada 2016.

Sedangkan pada 2018, sistem pembelian tiket museum secara online diperbaiki untuk mempermudah wisatawan dalam proses pembelian dan mengurangi antrean.

Efek Beyonce, perbaikan, dan sistem online ternyata punya pengaruh yang signifikan. Sebab pada 2018 Museum Louvre menjadi museum yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Tahun ini museum yang dibuka pada tahun 1793 ini akan mengadakan perayaan 500 tahun wafatnya Leonardo da Vinci. Perayaan dilakukan dengan memamerkan karya lukisan, pahatan, dokumen, dan sketsa da Vinci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com