Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 6 Candi Tertinggi di Indonesia

Kompas.com - 12/01/2019, 11:34 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu peninggalan peradaban masa lalu di Indonesia adalah candi. Khususnya di Yogyakarta dan Jawa Tengah saat ini ada banyak candi-candi yang ditemukan.

Beberapa di antaranya bahkan menjadi ujung tombak pariwisata Indonesia seperti Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Candi-candi di Jawa Tengah dan Yogyakarta kebanyakan adalah peninggalan kerajaan Mataram Kuno.

Jika dataran tinggi merupakan salah satu tujuan wisata, maka ada beberapa candi yang juga dibangun di ketinggian. Berikut ini adalah 6 dari sekian banyak candi tertinggi yang ada di Indonesia:

1. Kompleks Candi Dieng

Kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Jawa TengahShutterstock Kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah
Berwisata ke candi menjadi salah satu alternatif ketika berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng yang terkenal. Di sini terdapat kompleks candi yang menempati dataran pada ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kompleks candi tersebut meliputi Candi Arjuna, Candi Bima, dan Candi Gatotkaca yang diperkirakan dibangun pada akhir abad ke-8 sampai awal abad ke-9 silam.

Ada pula candi-candi lain seperti Candi Srikandi, Candi Sembadra, dan Candi Semar. Penamaan candi-candi itu berdasarkan tokoh-tokoh pewayangan dalam kisah Mahabarata.

2. Candi Kethek

Candi Kethek, Karanganyar, Jawa Tengah yang sunyi dan tenang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Candi Kethek, Karanganyar, Jawa Tengah yang sunyi dan tenang.
Candi yang diperkirakan dibangun sekitar abad 15-16 masehi ini berada di lereng barat Gunung Lawu. Candi Kethek ini juga merupakan salah satu candi tertinggi di Indonesia karena berada pada ketinggian kurang-lebih 1.500 mdpl.

Baca juga: Merengkuh Sunyi dan Tenang di Candi Kethek Karanganyar

Candi yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini pun letaknya cukup tersembunyi. Akses sampai ke lokasi candi hanya bisa dilakukan dengan berjalan sejauh sekitar 300 meter dari area parkir.

Bentuk candi Kethek juga unik, yakni semacam punden berundak dan tanpa stupa seperti candi di Jawa Tengah Lainnya.

3. Candi Cetho

Candi Cetho, Karanganyar, Jawa TengahKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Candi Cetho, Karanganyar, Jawa Tengah
Terletak sekitar 300 meter dari Candi Kethek, Candi Cetho kini menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Karanganyar. Candi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan ketika hari libur.

Candi Cetho berada di ketinggian yang hampir sama dengan Candi Kethek. Mereka yang akan menuju Candi Kethek harus melalui candi yang juga diperkirakan dibangun sekitar abad 15-16 masehi ini

4. Kompleks Candi Gedong Songo

Candi Gedong III di Kompleks Candi Gedong Songo, Bandungan, SemarangKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Candi Gedong III di Kompleks Candi Gedong Songo, Bandungan, Semarang
Candi selanjutnya berada di lereng Gunung Ungaran, Jawa Tengah. Kompleks Candi Gedong Songo ini berada di ketinggian sekitar 1.200 sampai 1.400 mdpl dan merupakan salah satu destinasi wisata utama Kabupaten Semarang.

Baca juga: Bertamu ke Rumah Teletubbies di Candi Abang Yogyakarta

Meski dari namanya berarti ada sembilan bangunan candi, tetapi sekarang hanya ada lima bangunan candi, yakni Candi Gedong I sampai Candi Gedong V. Kompleks candi ini cukup luas sehingga dibutuhkan waktu satu jam untuk berjalan kaki menjelajahinya.

5. Candi Sukuh

Kabut di Candi Sukuh, lereng Gunung Lawu, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa TengahKOMPAS/LUSIANA INDRIASARI Kabut di Candi Sukuh, lereng Gunung Lawu, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Terletak di ketinggian sekitar 1.100 mdpl, Candi Sukuh juga merupakan candi yang berlokasi di sisi barat Gunung Lawu. Candi ini sekarang juga merupakan destinasi wisata andalan Kabupaten Karanganyar.

Baca juga: Sambisari, Candi di Bawah Permukaan Tanah Yogyakarta

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com