Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Pernah Kuasai Hindia Belanda Lewat Daendels

Kompas.com - 13/01/2019, 18:19 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hindia Belanda peenah dipimpin oleh Herman Willem Daendels terhitung dari 1808-1811. Banyak kebijakan Daendels yang fenomenal seperti pembangunan jalan raya pos Anyer-Panarukan, pemindahan pusat pemerintahan dari wiliayah Kota ke Weltevreden (sekarang Jakarta Pusat) dan pembenahan administrasi.

Namun jika masa kepemimpinan Daendels disebut sebagai masa pendudukan Belanda sebenarnya benar tetapi kurang tepat. Mengingat Daendels sendiri sebenarnya orang Belanda yang membelot ke Perancis.

"Daendels ini seorang Belanda dilahirkan juga di Belanda (di Hattem). Tetapi dia suka ide revolusi Perancis, Liberte, Egalite, Fraternite. Jadi dia ikut Napoleon. Sebelumnya dia masuk tentara di Perancis Utara," jelas Penulis Buku Perang Napoleon di Jawa 1811 dan Buku Misteri Napoleon terbitan Penerbit Buku Kompas, Jean Rocher dalam acara Komunitas Jelajah Budaya Misteri Napoleon, Gambir, Minggu (13/1/2019).

Karier militer Daendels melesat di Perancis. Ia ikut banyak pertempuran. Hingga akhirnya ia dipercaya Napoleon dan diutus ke Hindia Belanda untuk membenahi Jawa.

Baca juga: 5 Warkop di Indonesia yang Berdiri Sejak Masa Penjajahan Belanda

Masa itu Belanda dan seluruh koloninya dikuasai oleh Perancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte.

"Karena dia dinamis sekali dia disukai oleh pemerintah Perancis dan Napoleon. Napoleon mengirim Daendels karena dipikir bisa membenahi Pulau Jawa, menjadi kuat dari serangan Inggris," jelas Jean.

Sesampainya di Hindia Belanda, Daendels punya tugas lumayan berat. Ia harus membereskan Jawa dari kekacauan yang disebabkan VOC. Musuh Daendels banyak berasal dari kalangan Belanda sendiri.

"Dia dianggap punya metode yang kurang cocok dengan Belanda. Misalnya kalau tidak suka seorang pejabat langsung dipecat," jelas Jean.

Terlalu banyak laporan dan keluhan mengenai Daendels, akibatnya ia dipanggil kembali ke Eropa. Masa pemerintahan Daendels berakhir pada 1811.

Kunci kekuasaan atas Hindia Belanda lantas bergulir ke Inggris yang menginvasi Jawa dengan gencar. Herman Willem Daendels digantikan Thomas Stamford Raffles.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com