Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obyek Wisata Banyak Sampah, Pemkot Lhokseumawe Diminta Turun Tangan

Kompas.com - 14/01/2019, 11:30 WIB
Masriadi ,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Lhokseumawe diminta turun tangan membersihkan sampah di obyek wisata Pantai Ujong Blang, Desa Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti.

Pasalnya, bibir pantai itu banyak terdapat sampah plastik dan sampah bekas batok kelapa yang dijual pedagang. Selain itu terdapat juga sampah sisa makanan yang dibawa pengunjung.

Baca juga: 5 Cara Mengurangi Sampah Plastik Saat Berwisata

Dampaknya, kawasan pantai terlihat jorok dan mengganggu wisatawan yang ingin mandi dan berlibur di daerah itu.

"Kita mandi pun agak risih, karena ada sampah plastik dan sisa makanan. Perlu upaya serius pemerintah menjaga kebersihan bibir pantai. Tidak bisa dilepas begitu saja pada masyarakat,” kata seorang wisatawan asal Aceh Tengah, Wen Aman yang berlibur di Pantai Ujong Blang, Minggu (13/1/2019).

Baca juga: Dulu Tempat Pembuangan Sampah, Kini Jadi Tujuan Wisata di Klaten

Dia berharap, Pemerintah Kota Lhokseumawe membuat program rutin dengan melibatkan masyarakat menjaga kebersihan pantai. Pasalnya, obyek wisata itu bukan hanya dikunjungi masyarakat Lhokseumawe namun juga dikunjungi masyarakat dari kabupaten/kota lainnya di Aceh.

Wisatawan bermain disela sampah di kawasan wisata Pantai Ujong Blang, Desa Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh, Minggu (13/1/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Wisatawan bermain disela sampah di kawasan wisata Pantai Ujong Blang, Desa Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh, Minggu (13/1/2019).
“Kalau ini bersih, ditata dengan baik, maka pendapatan daerah juga bertambah. Kalau tidak dijaga, pengunjung juga akan enggan datang ke Pantai Ujong Blang. Wisatawan itu kan prinsipnya mau datang kalau obyeknya bersih, bagus, dan murah,” katanya.

Hal senada disebutkan pengunjung lainnya, Muhammad Mirza dari Kabupaten Aceh Utara. “Perlu serius menjaga kawasan wisata. Karena wisata menjadi salah satu andalan Lhokseumawe, hingga kota ini ramai dikunjungi akhir pekan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Zulkifli, belum merespons pertanyaan. Hingga berita ini dikirimkan, Zulkifli belum menjawab pesan singkat yang dikirimkan KompasTravel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com