Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini Biaya "Traveling" Diprediksi Lebih Mahal

Kompas.com - 17/01/2019, 17:08 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini biaya untuk berwisata diprediksi akan lebih mahal dari 2018. Dari laporan tahunan Global Travel Forecast, ada kenaikan harga pada tiket pesawat dan akomodasi.

Laporan yang dipublikasikan dalam Global Business Travel Association (GBTA) and Carlson Wagonlit Travel (CWT) ini memaparkan bahwa tiket pesawat akan naik merata hampir di seluruh wilayah dunia.

Misalnya di Eropa Barat, prediksi kenaikan harga tiket pesawat mencapai 4,8 persen. Norwegia disebutkan menjadi negara dengan penjualan tiket pesawat paling naik drastis sampai 11,5 persen.

Baca juga: Makanan Sehat Diprediksi Jadi Tren Kuliner Tahun 2019

Kemudian daerah Asia Pasifik akan mengalami peningkatan harga tiket pesawat 3,2 persen. Khusus China peningkatan akan mencapai 3,9 persen. India diprediksi naik 7,3 persen dan Selandia Baru 7,5 persen.

Uniknya Eropa Timur, Timur Tengah, dan negara-negara di Afrtika justru diprediksi akan mengalami penurunan harga tiket pesawat sekitar 2,3 persen.

Sedangkan harga hotel di daerah Asia Pasifik diprediksi naik 5,1 persen, Selandia Baru naik sampai 11,8 persen. Justru akomodasi di Jepang yang diprediksi turun harga 3,2 persen.

Mengapa Harga Tiket Pesawat dan Hotel Naik?

Menurut laporan Global Travel Forecast, harga tiket pesawat pada 2018 terbilang di titik rendah. Banyaknya peningkatan permintaan akan tiket pesawat pada 2018 menjadi salah satu faktor kenaikan harga tiket.

Faktor lainnya adalah kenaikan harga bahan bakar avtur, kurangnya tenaga pilot, dan kompetisi maskapai yang semakin ketat.

Baca juga: Ke Mana Orang Ingin Berwisata di 2019?

Penerbangan langsung super panjang (ultra long haul flights) diprediksi akan semakin dipilih 2019 untuk menghemat biaya bepergian.

Sedangkan kenaikan harga akomodasi disebutkan terjadi karena banyak hotel yang meningkatkan teknologi untuk pengalaman para tamu. Mulai dari teknologi seperti hiburan dalam kamar, pengenalan wajah, dan aplikasi seluler.

Banyaknya wisatawan luar negeri yang bepergian juga semakin menumbuhkan pasar hotel tak terkecuali soal harga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com