Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2020, Scoot Buka Rute Penerbangan dari 6 Kota di Indonesia

Kompas.com - 18/01/2019, 15:27 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Chief Commercial Officer Scoot, Vinod Kannan, mengatakan pada tahun 2020 maskapai penerbangan tarif rendah atau LCC Scoot akan menambah rute penerbangan dari enam kota di Indonesia yaitu Balikpapan, Makassar, Lombok, Semarang, Manado, dan Yogyakarta.

Vinod mengatakan, enam rute ini dibuka untuk menggantikan rute SilkAir yang telah diambil alih oleh Scoot. Adapun SilkAir dan Scoot termasuk dalam maskapai Singapore Airlines Group.

Dalam rute-rute ini Scoot akan menggunakan pesawat tipe narrow body Boeing 787 Dreamliner untuk mengangkut penumpang.

"Kami menyasar pada penduduk usia muda (kaum milenial). Karena kami melihat Indonesia ini tumbuh dengan populasi kaum milenial yang besar," ujar Vinod di Menara Kompas, Kamis (17/1/2019).

Baca juga: Scoot Tawarkan Promo Mulai Rp 299.000 ke Singapura

Ia mengatakan, pembukaan rute baru dilakukan karena menurut data internalnya, milenial Indonesia yang hendak melakukan traveling mendominasi pemesanan tiket penerbangan dari Scoot.

"Banyak milenial Indonesia yang melakukan penerbangan tujuan Singapura, Bangkok, Hongkong. Jadi penumpang dari Jakarta, Surabaya, Bali biasanya melakukan penerbangan menuju Singapura," lanjutnya.

Tak hanya mengenai milenial yang mendominasi pemesanan tiket penerbangan, Scoot juga melihat Indonesia merupakan pasar yang baik untuk penerbangan rute Jeddah.

"Jeddah adalah pasar yang baik. Karena ini akan jadi wisata religi (umrah) bagi orang Indonesia. Ini sangat penting," tuturnya.

Menurutnya, menurut data Scoot, 50 persen pemesan tiket penerbangan ke Jeddah adalah warga Indonesia.

"Kami memiliki layanan untuk penumpang tujuan Jeddah untuk melakukan wisata religi (umrah) dengan fasilitas bangku ekonomi dan bisnis, fasilitas bagasi berkapasitas 30 kg, dan 10 kg kabin, selimut, air zamzam, makanan halal, dan selimut," paparnya.

Sebagai informasi, tak hanya di Indonesia, Scoot juga akan mengambil alih rute penerbangan SilkAir menuju sejumlah daerah di Laos, India, China, Thailand, dan Malaysia secara bertahap pada tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com