Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara agar Cepat Tidur di Pesawat

Kompas.com - 20/01/2019, 17:11 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada cara terbaik untuk menghabiskan waktu selama pernerbangan, yakni dengan tidur. Beristirahat selama penerbangan, selain menghabiskan waktu, juga berguna untuk mengisi energi, menjaga stamina, dan menghindari jet lag.

Namun tidur selama penerbangan tidak mudah bagi sebagian orang. Rasa takut dan tidak nyaman umumnya menjadi penghalang untuk beristirahat selama penerbangan. Berikut adalah tujuh cara agar cepat tidur selama penerbangan:

1. Pilih Penerbangan dengan Waktu Tertentu

Ketika memilih waktu penerbangan, cobalah untuk menyesuaikan dengan waktu tidur Anda. Misalnya penerbangan tengah malam. Ini akan memudahkan tubuh untuk tidur, sesuai waktu biologis.

2. Pilih Barisan Kursi

Kursi paling nyaman di pesawat tentu kursi kelas bisnis atau utama. Namun tetap ada pilihan jika terbang di kelas ekonomi. Pilihlah bangku bagian tengah, karena umumnya keluarga atau pasangan akan duduk bersampingan.

Jadi jika Anda duduk di kursi pejalan solo, tidak perlu terganggu dengan obrolan atau banyak gerakan dari penumpang keluarga atau pasangan.

Kiat lainnya pilihlah kursi bagian tengah sampai belakang kabin, yang biasanya tidak diminati oleh banyak orang. Terkadang bahkan ada kursi tidak berpenumpang yang dapat Anda jadikan satu agar tidur lebih nyaman.

3. Bawa Peralatan Tidur Sendiri

Jika lampu kabin atau cahaya matahari dari jendela menggangu Anda, bawalah masker mata. Benda ini juga membantu menghilangkan fokus Anda dari segala aktivitas di kabin.

Peralatan tidur lainnya yang dapat membantu adalah bantal leher, penutup telinga, dan jaket berbahan nyaman sebagai tambahan selimut.

4. Ikuti Rutinitas Tidur

Jika Anda terbiasa membaca sebelum tidur, maka lakukan hal yang sama ketika di pesawat. Tetap ikuti rutinitas Anda sebelum tidur, misalnya mendengarkan musik, membaca kitab doa, atau justru makan.

5. Bawa Wewangian

Aroma terapi dengan wangi yang menenangkan dan lembut dapat membantu tubuh lebih santai. Ketika tubuh santai makan tidur akan lebih mudah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com