Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Mana Orang Indonesia Berlibur saat Imlek?

Kompas.com - 26/01/2019, 12:06 WIB
Vitorio Mantalean,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak 2003, Hari Raya Imlek resmi ditetapkan sebagai hari libur nasional. Lantas, ke mana orang-orang Indonesia kebanyakan menghabiskan waktu libur Imlek?

Situs pemesanan hotel daring, Booking.com mencatat bahwa orang-orang Indonesia kebanyakan berlibur di dalam negeri selama libur Imlek.

Kota-kota besar di Pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta menjadi tiga pilihan destinasi terpopuler yang disasar para wisatawan domestik, sebut Booking.com dalam keterangan resmi yang diterima KompasTravel Jumat (25/1/2019).

Untuk destinasi mancanegara, wisatawan Indonesia kebanyakan menjadikan Singapura sebagai tujuan utama ketika libur Imlek 2018.

Terbang ke JepangShutterstock Terbang ke Jepang
Keberadaan pusat-pusat perbelanjaan, akses yang mudah menuju tempat wisata yang mudah, dan tidak adanya penerapan visa menempatkan Singapura sebagai tujuan populer untuk sekadar “ganti suasana”. Popularitas Singapura disusul Malaysia, Jepang, dan Thailand.

Sementara itu, Bali masih cukup ramai dipadati wisatawan mancanegara pada libur Imlek tahun lalu. Rata-rata turis mancanegara yang mengunjungi Bali berasal dari Australia, China, dan Singapura.

Statistik di atas diperoleh melalui data pemesanan dari dan ke Indonesia selama periode libur Tahun Baru Imlek 2018 yang dikumpulkan Booking.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com