Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubai Miracle Garden, Keajaiban Taman Bunga di Tengah Gurun Pasir

Kompas.com - 26/01/2019, 20:00 WIB
Sri Anindiati Nursastri,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

 

DUBAI, KOMPAS.com - Rasanya sulit percaya dengan mata sendiri ketika dihadapkan langsung figur pesawat Emirates Airbus 380, salah satu armada pesawat terbesar di dunia. Pesawat itu hadir dengan ukuran sebenarnya dan berbalut bunga aneka warna.

Pesawat ini “terdampar” di tengah Dubai Miracle Garden, taman bunga seluas 72.000 meter persegi yang ada di Kota Dubai, Uni Emirat Arab.

Pembangunan di kota pesisir nan gersang ini tak henti-hentinya membuat "mulut menganga". Selalu ada gedung baru, atraksi wisata baru, mega-project baru yang menambah daftar panjang hal-hal yang “ter-“ di dunia yang dimiliki oleh Dubai.

Dibuka pada hari 14 Februari 2013, Dubai Miracle Garden telah menyabet dua predikat dari Guinness World Records. Pertama adalah taman vertikal terbesar di dunia (2013) dan rangkaian bunga terbesar yang membentuk Airbus A380 (2016).

Wisatawan menikmati obyek wisata Dubai Miracle Garden, taman bunga seluas 72.000 meter persegi yang ada di Kota Dubai, Uni Emirat Arab. KOMPAS.com / SRI ANINDIATI NURSASTRI Wisatawan menikmati obyek wisata Dubai Miracle Garden, taman bunga seluas 72.000 meter persegi yang ada di Kota Dubai, Uni Emirat Arab.

Buka pada musim dingin

KompasTravel berkunjung pada Jumat (25/1/2019), hari libur bagi penduduk Dubai yang mayoritas pendatang. Pukul 09.30 waktu Dubai, turis mulai berdatangan. Tampak turis perawakan India, China, dan Timur Tengah.

Semua orang menikmati suasana, berfoto dengan latar bunga aneka warna. Lanskap gurun pasir yang gersang membuat Dubai Miracle Garden benar-benar seperti keajaiban.

Taman bunga ini hanya buka pada musim dingin, yaitu mulai pertengahan November hingga pertengahan Mei. Saat musim panas yaitu Juni-Agustus, temperatur udara bisa mencapai 52 derajat Celcius sehingga taman harus ditutup.

Namun selebihnya, Anda bebas mengeksplorasi taman di tengah udara sejuk musim dingin. Pada hari KompasTravel menyambangi Dubai Miracle Garden, suhu berkisar antara 23-26 derajat Celcius dengan angin yang sejuk.

Dubai Miracle Garden, taman bunga seluas 72.000 meter persegi yang ada di Kota Dubai, Uni Emirat Arab. KOMPAS.com / SRI ANINDIATI NURSASTRI Dubai Miracle Garden, taman bunga seluas 72.000 meter persegi yang ada di Kota Dubai, Uni Emirat Arab.

Dari kucing sampai Mickey Mouse

Rangkaian bunga di Dubai Miracle Garden tak hanya dibiarkan tumbuh alami di tanah. Banyak rangkaian bunga raksasa dengan aneka bentuk, mulai dari kucing, gajah, Teddy Bear, sampai Mickey Mouse.

Rangkaian bunga Mickey Mouse menjulang setinggi 18 meter, dan menyabet penghargaan  “World’s Largest Topiary Structure” oleh Guiness World Records. Ini adalah hasil kerja sama Dubai Miracle Garden dan Walt Disney Company.

Wisatawan juga bisa berfoto di Floral Clock, jam raksasa dari bunga aneka warna berdiameter 15 meter.

Panorama di Dubai Miracle Garden, taman bunga seluas 72.000 meter persegi yang ada di Kota Dubai, Uni Emirat Arab. KOMPAS.com / SRI ANINDIATI NURSASTRI Panorama di Dubai Miracle Garden, taman bunga seluas 72.000 meter persegi yang ada di Kota Dubai, Uni Emirat Arab.

Tiket masuk

Untuk menikmati Dubai Miracle Garden, tiket masuk untuk orang dewasa sebesar 50 Dirham (Rp 191.000) dan 40 Dirham (153.000) untuk anak-anak di bawah 12 tahun.

Saat mengunjungi tempat ini, jangan lupa mengabadikan momen dan mengunggahnya di media sosial.

Seperti yang dilakukan Kompas.com dan Oppo dalam “The Urban Explorer” edisi Dubai. Kami mengeksplorasi kota, merekam momen dan atraksi-atraksi wisata menggunakan camera phone Oppo R17 Pro. Simak terus perjalanan kami dalam “The Urban Explorer”!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com