Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Wisatawan Bisa Beli Suvenir Aceh Lewat Aplikasi Online

Kompas.com - 28/01/2019, 07:00 WIB
Masriadi ,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


ACEH UTARA, KOMPAS.com – Peminat suvenir Aceh kini bisa membeli berbagai khas daerah ujung Pulau Sumatera itu lewat aplikasi Blojue.com. Pendirian aplikasi berbasis android itu awalnya hanya sebatas tugas akhir Mulyadi, mahasiswa Universitas Al Muslim, Kabupaten Bireuen.

"Selain itu, saya mendapat ide ini untuk membangun aplikasi itu, karena melihat perkembangan e-commerce sangat tinggi di Indonesia. Fokus saya hanya suvenir dan barang khas lainnya dari Aceh, jadi wisatawan itu bisa beli dari mana pun dia berada, " kata pemilik aplikasi Blojue.com, Mulyadi, Sabtu, (26/1/ 2019).

Dia menyebutkan, Blojue.com menggandeng sejumlah pengrajin di Kabupaten Aceh Utara untuk memasarkan produknya di aplikasi tersebut. Misalnya, sambung Mulyadi, barang dipajang di aplikasi itu lalu terjual.

“Tentu ada kesepakatan keuntungan sedikit untuk saya. Target utama sekarang memperbanyak mitra UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dulu. Sembari saya mengembangkan aplikasi ini,” sebut mahasiswa semester akhir jurusan teknik informatika itu.

Owner Blojue.com, Mulyadi, memperlihatkan aplikasi pembelian souvenir berbasis android di salah satu kafe Lhokseumawe, Sabtu (26/1/2019)KOMPAS.com/MASRIADI Owner Blojue.com, Mulyadi, memperlihatkan aplikasi pembelian souvenir berbasis android di salah satu kafe Lhokseumawe, Sabtu (26/1/2019)

Ia ingin wisatawan mancanegara dan nusantara dekat dengan suvenir khas Aceh itu. Sehingga, membeli suvenir tidak mesti harus berkunjung ke Aceh.

“Bisa dipesan dari rumah juga,” katanya.

Dia menyakini, minat pembeli online terus berkembang. Selain itu, sambung Mulyadi, terpenting pengembangan industri kecil di Aceh terus bertambah.

“Saya menyakini semakin mudah orang membeli suvenir, semakin dikenal Aceh lewat kerajinan tangan masyarakatnya,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com