Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citilink Buka Rute Lhokseumawe-Medan, Wisatawan Makin Mudah Berkunjung

Kompas.com - 04/02/2019, 06:52 WIB
Masriadi ,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Maskapai Citilink membuka rute penerbangan dari Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara ke Bandara Sultan Malikussaleh, Kabupaten Aceh Utara.

Rute penerbangan pertama telah dilakukan, Kamis (31/1/2019). Kepala Tata Usaha, Bandara Sultan Malikussaleh, Aceh Utara, Niswan, Minggu (3/2/2019) menyebutkan maskapai itu berangkat dengan pesawat jenit ATR pukul 13.30 WIB dari Bandara Kuala Namu dan tiba di Bandara Malikussaleh pukul 14.10 WIB.

Lalu, balik lagi ke Bandara Kuala Namu setengah jam berikutnya. Rute Lhokseumawe-Medan kini dilayani tiga maskapai yaitu Wings Air, Garuda Indonesia, dan Citilink.

Baca juga: Tahun Depan, Citilink Jual Suvenir Khas Indonesia di Udara

Dia menyebutkan Citilink terbang tiga kali sepekan yaitu Selasa, Kamis dan Sabtu. “Namun, setelah penerbangan perdana kemarin itu, kabarnya akan disesuaikan jadwal ulang dan lain sebagainya. Nanti akan ada informasi lanjutan soal jadwal berikutnya,” kata Niswan.

Sementara itu, pengamat ekonomi Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, Ayi Jufridar menyebutkan penambahan maskapai yang melayani rute Lhokseumawe-Medan menjadi kebutuhan masyarakat.

Ditambah lagi, akses transportasi udara itu bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke sejumlah tempat wisata sejarah, alam dan pantai di Kabupaten Aceh Utara. “Namun, kita harap, maskapai itu tepat waktu. Jangan sampai delay karena itu merugikan masyarakat,” katanya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, harus membenahi obyek wisata, sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan nasional dan mancanegara. “Penambahan maskapai juga harus diiringi dengan pembenahan obyek wisata,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com