Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kursi Selfie, Cara Pemerintah Irlandia Kurangi Korban Kecelakaan Akibat Selfie

Kompas.com - 07/02/2019, 16:25 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Menteri untuk kesehatan mental dan lansia Irlandia, Jim Daly membuat proposal kursi selfie yang diajukan ke badan pembangunan pariwisata nasional Irlandia.

Daly menyebut pembangunan kursi selfie di berbagai destinasi wisata dapat menjadi alat marketing inovatif dan mencegah korban kecelakaan akibat swafoto.

"Banyak turis yang menjadi sensitif dengan waktu, ingin tahu kemana pergi dan harus berbuat apa. Mereka juga suka memortret yang jelas, dibanding foto yang kurang jelas untuk media sosial dan Instagram mereka," kata Daly kepada Southern Star.

Baca juga: Wisata Selfie di Bandung yang Tawarkan Pantai di Tengah Kota

Kursi selfie menurut Daly merupakan jawaban untuk menampilkan obyek wisata Irlandia yang  melingkupi tebing dengan pemandangan cantik. Baginya kursi khusus selfie menandakan satu lokasi yang bagus untuk dipotret dan memang aman untuk tempat berpijak wisatawan.

Kursi selfie juga dirasa praktis dan berbiaya minim. Selain itu juga tidak menggangu pemandangan dan melindungi karakter area wisata. Proposal Daly masih akan terus dibahas oleh badan pembangunan pariwisata nasional Irlandia.

Insiden akibat selfie semakin hari kian mengkhawatirkan. Penelitian dari Journal of Family Medicine and Primary Care dari India mengungkapkan ada lebih dari 259 orang dari seluruh dunia meninggal akibat selfie sejak 2011 sampai 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com