Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transit di Dubai, Mengapa Harus Keluar Bandara dan Eksplor Kota?

Kompas.com - 08/02/2019, 16:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com – Saat ini Dubai menjadi salah satu hub terbesar di Timur Tengah. Kota pesisir ini menempati posisi penting, menjadi perantara benua Asia dengan Eropa dan Amerika.

Tak heran Dubai International Airport menjadi hub penting bagi puluhan maskapai dunia. Tak sedikit pula turis Indonesia yang transit di Dubai untuk melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya.

Baca juga: Wisata Romantis Dubai, dari Padang Pasir hingga Gedung Pencakar Langit

Namun, saat transit di Dubai dalam jangka waktu yang cukup lama, ada baiknya Anda meninggalkan bandara dan mulai mengeksplorasi kota. Dubai punya banyak kejutan, percayalah. 

Pembangunan yang tiada henti

Tahukah Anda, 25 persen dari total crane yang ada di dunia beroperasi di Dubai. Pembangunan kota ini memang tak ada hentinya. Baik untuk gedung perkantoran, residensial, fasilitas publik, serta atraksi wisata.

“Setiap bulan ada saja gedung baru dibangun di sini. Pemerintah Kota Dubai memang menjalankan sistem investing. Para investor dari negara lain membangun gedung atau atraksi wisata di sini,” tutur Ikram, pemandu wisata di Dubai saat KompasTravel berkunjung beberapa waktu lalu. 

Panorama Dubai dari puncak Burj KhalifaKOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Panorama Dubai dari puncak Burj Khalifa

Salah satu atraksi wisata terbaru dan wajib dikunjungi adalah Dubai Frame. “Pigura raksasa” ini berada di perbatasan antara Old Dubai dan New Dubai, dan memiliki dek observasi di bagian atasnya.

Gedung tertinggi di dunia, mal terbesar di dunia

Bukan rahasia jika Dubai memiliki sederet atraksi yang ter-, ter-, dan ter-. Gedung tertinggi di dunia, mal terbesar di dunia, indoor ski terbesar di dunia, akuarium dalam mal terbesar sedunia, pesawat Airbus A380 berlapis bunga terbesar di dunia… dan masih banyak lagi. 

Burj Khalifa adalah tempat yang tak boleh Anda lewatkan. Gedung tertinggi di dunia ini memiliki total tinggi 829,8 meter, dan Anda bisa naik ke lantai 124 dan 125 via Dubai Mall. 

Keindahan The Dubai Fountain di malam hari, diambil dengan fitur Night Mode OPPO R17 ProDok. Oppo Keindahan The Dubai Fountain di malam hari, diambil dengan fitur Night Mode OPPO R17 Pro

Dubai Mall itu sendiri merupakan pusat perbelanjaan terbesar di dunia. Di dalamnya terdapat VR Park, Dubai Aquarium, serta Dubai Fountain di salah satu sisi luarnya. Menghadap langsung Burj Khalifa, Dubai Fountain merupakan air mancur menari tertinggi di dunia!

Udara musim dingin

Jika Anda transit di Dubai pada November-Juni, maka jangan ragu untuk eksplorasi kota. Pada bulan-bulan tersebut, Dubai tengah dilanda musim dingin dan suhunya luar biasa sejuk. Berkisar antara 17 derajat Celcius saat malam dan 25 derajat Celcius saat siang.

Keindahan Dubai Mircale Garden, diambil dengan OPPO R17 ProDok. Oppo Keindahan Dubai Mircale Garden, diambil dengan OPPO R17 Pro

Angin pesisir juga terasa sangat segar dan bersih. Bahkan pada malam hari, banyak warga dan wisatawan berjalan kaki di ruang-ruang publik dan menikmati udara nan sejuk.

Tradisional dan Modern 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com