Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Minta Pemkot Aktifkan Museum Lhokseumawe

Kompas.com - 12/02/2019, 07:12 WIB
Masriadi ,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Warga Kota Lhokseumawe mendesak pemerintah kota mengaktifkan Museum Kota Lhokseumawe di depan Islamic Center, Kota Lhokseumawe, Aceh. Pasalnya, sejak selesai dibangun tahun 2015 hingga kini museum di pusat kota tersebut belum pernah difungsikan. Dana pembangunan museum itu sebesar Rp 1,8 miliar dengan sumber dana alokasi khusus.

Salah seorang, warga Kota Lhokseumawe, Sirajul Munir, Senin (11/2/2019) di lokasi museum menyebutkan letak museum itu strategis untuk dikunjungi masyarakat. Apalagi, sambungnya, Lhokseumawe kekurangan sarana untuk mengedukasi anak.

“Kalau ada museum, hari libur bisa jadi ramai anak-anak yang bisa berkunjung. Ini sejak dibangun sampai sekarang tak pernah dibuka. Harusnya, museum itu jadi perioritas utama pemerintah, ada museum itu tanda kota maju dan berperadaban,” katanya.

Baca juga: Museum Maritim Bukan Museum Bahari, Ini Bedanya...

Terlihat halaman museum dipenuhi rumput. Satu bangunan utama berbentuk rumah tradisional Aceh terkunci. Di sisi kanan dan kiri terdapat krong (tempat penyimpan padi) dan lesung penumbuk padi. Bagian dalam museum tak bisa dilihat dari luar. Sampah sisa makanan dan dedaunan terlihat berserakan.

Sementara itu, Kepala Pendidikan dan Kebudayaan, Kota Lhokseumawe, Nasruddin dihubungi melalui aplikasi whatsapp tidak menjelaskan kapan museum itu dibuka untuk umum.

Dia mengaku sedang berada di luar kantor dan tengah mengikuti acara. Sehingga, dia meminta menghubungi stafnya. “Saya diluar lagi ada acara. Langsung saja ke bidang budaya Pak Amru,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com