Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Rini Borong Oleh-oleh di Banyuwangi

Kompas.com - 18/02/2019, 12:05 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menteri BUMN Rini Soemarno dan belasan direksi BUMN menghabiskan akhir pekannya di Banyuwangi, Jawa Timur.

Usai ikut berlari di ajang sport tourism Chocolate Glenmore Run yang menyusuri belantara perkebunan cokelat, Menteri Rini mengunjungi gerai oleh-oleh Osing Deles, Sabtu (16/2/2019).

Di toko yang menjual berbagai produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) khas Banyuwangi ini, Rini dan bos-bos BUMN memborong makanan ringan, seperti sale pisang, bolu kuwuk, dan keripik pisang. Rini juga membeli sejumlah kaus khas lokal.

Baca juga: Asyiknya Menteri BUMN dan Para Bankir di Chocolate Glenmore Run

Tampak hadir sejumlah direksi BUMN. Di antaranya Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmojo, Dirut PTPN III Dolly Pulungan, Dirut PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat, Dirut PTPN XII Cholidi, Dirut Perhutani Denaldy Maunda, Dirut PTPN XI Gede Meivera, dan sejumlah direksi lainnya.

"Ini kemasannya bagus. Saya mau beli keripik pisang ini. Menarik packaging-nya," kata Rini.

"Iya Bu, kemasan ini difasilitasi Dinas Koperasi UKM lewat Rumah Kreatif UMKM. Anak-anak muda di sana membantu mendesain dan memasarkan produk UMKM," jawab Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang mendampingi Rini.

Baca juga: Mengenal Uniknya Rumah Adat Using di Desa Kemiren Banyuwangi

Tak hanya berbelanja makanan, Menteri BUMN juga membeli kaos khas Osing Deles yang berada di lantai satu gerai tersebut. Rini mengaku tertarik dengan tulisan di kaos berupa permainan kata yang menggunakan bahasa lokal setempat, yaitu bahasa Osing, masyarakat asli di Banyuwangi.

“Gerai ini dulu 2013 cuma punya tiga karyawan, sekarang sudah mempekerjakan 100 karyawan seiring perkembangan wisata Banyuwangi yang terus maju juga antara lain karena dukungan BUMN,” kata Anas kepada Rini dan para bos BUMN.

Anas pun mengajak Rini dan bos-bos BUMN untuk intens membikin kegiatan di Banyuwangi, baik untuk rapat kerja, gathering karyawan, customer gathering, maupun event BUMN lainnya.

“Ke Banyuwangi sudah mudah dari Jakarta karena ada penerbangan langsung. Jadi bapak, ibu mari bawa event-event BUMN ke Banyuwangi. Hotel-hotel berbintang sudah siap. Ballroom-nya besar,” kata Anas mempromosikan Banyuwangi disambut kata “siap” oleh sejumlah direksi BUMN.

“Dengan event-event BUMN, ekonomi lokal Banyuwangi semakin menggeliat,” imbuh Anas.

Tak puas membeli oleh-oleh, Menteri Rini langsung menuju lantai dua untuk mencicipi kelezatan kuliner khas Banyuwangi. Rini tampak memesan es kopi Banyuwangi. Sambil minum es kopi, Rini juga menikmati sejumlah camilan ringan khas Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com