Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hal yang Pantang Dilakukan saat Berada di Pesawat

Kompas.com - 19/02/2019, 13:04 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bepergian dengan pesawat memang menjadi pilihan banyak orang. Selain harganya yang kini mulai terjangkau, pesawat juga punya keunggulan dari segi kecepatan dan pelayanan.

Namun demikian di pesawat ada berbagai aturan baik lisan maupun tidak lisan. Peraturan ini wajib dilakukan, demi kepentingan diri sendiri dan penumpang lainnya. Berikut adalah 10 hal yang jangan dilakukan saat berada di pesawat.

1. Jangan Bercanda soal Bom

Baik di lingkungan bandara maupun di pesawat, jangan pernah bercanda soal bom. Sanksinya cukup berat dan berlaku di semua bandara dan maskapai dunia. Pilihlah topik bercanda lain, selain bom.

2. Jangan Lewatkan Peragaan Keselamatan

Banyak penumpang memilih untuk mendengar musik atau tidur selama peragaan keselamatan. Padahal peragaan keselamatan baiknya ditonton setiap kali menumpang pesawat. Selain peragaan keselamatan, hitung juga jarak kursi terdekat ke pintu atau jendela evakuasi.

3. Jangan Mencoba Minum Obat Baru

Jangan pernah mencoba minum obat baru yang Anda tidak tahu efek sampingnya saat bepergian naik pesawat. Coba dahulu minum obat saat berada di darat. Sebab efek obat tidak dapat diprediksi, dan meski ada penanganan pertama untuk korban sakit di pesawat tidak selengkap di darat.

4. Jangan Bawa Makanan Berbau

Sirkulasi udara kabin yang sempit, membuat makanan berbau dapat tercium oleh satu penumpang peawat. Jadi jangan makan makanan berbau di pesawat.

5. Jangan Rebahkan Kursi saat Waktu Makan

Kesalahan yang banyak dilakukan orang, merebahkan kursi saat waktu makan. Harus diingat, orang lain di belakang Anda mengandalkan meja makan yang terletak di belakang kursi Anda.

6. Jangan Minum Minuman Beralkohol Terlalu Banyak

Segelas minuman beralkohol mungkin masih bisa ditolelir dan membantu mempercepat tidur. Lebih dari itu malah memberi efek sebaliknya, tubuh akan terus dehidrasi dan bisa menghilangkan kesadaran.

7. Jangan Mengambil Tempat Bagasi Orang lain

Orang lain juga membawa bagasi kabin, kecuali jika bagasi di atas kepala Anda sudah penuh. Mintalah bantuan kepada kru kabin, dimana harus menaruh bagasi Anda.

8. Jangan Menghalangi Jalan Penumpang Sebelah

Menghalangi penumpang sebelah bisa menggunakan berbagai benda yang ditaruh di kaki. Bijaklah memilih barang yang harus Anda taruh di kolong kursi sehingga tidak menyusahkan orang lain saat ingin keluar.

9. Jangan Mengambil Tempat Penumpang Lain

Bukan rahasia umum jika kursi pesawat semakin kecil. Dengan kata lain ruang privat semakin mengecil. Jadi hargai tempat penumpang lain, misalnya tidak mengangkang terlalu lebar hingga mengganggu penumpang lain, melempar rambut ke sembarang tempat, atau menguasai lengan kursi.

10. Jangan Bertindak dan Berbicara Asusila

Baik kepada penumpang maupun ke kru kabin, jangan sekalipun bertindak dan berbicara asusila. Sekalipun jika Ada beranggapan asusila bentuk bercanda. Hal tersebut dapat diproses dan dikenakan sanksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com