Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Augmented Reality, Terobosan Baru di Book Bad Wolf 2019

Kompas.com - 20/02/2019, 12:17 WIB
Vitorio Mantalean,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bazar buku Big Bad Wolf 2019 akan digelar di ICE BSD, Tangerang, pada 1-11 Maret 2019. Tahun ini, pihak penyelenggara akan memboyong 5,5 juta buku dengan komposisi 80 persen buku impor dan 20 persen buku lokal serta akan membuka 5 hall sekaligus.

Baca juga: Catat! Big Bad Wolf Jakarta 2019 Digelar 1-11 Maret

Berbeda dengan gelaran sebelumnya, Big Bad Wolf kali ini akan menghadirkan seri “buku ajaib” untuk anak-anak berusia 1-6 tahun bernama Little Hippo. Uli Silalahi, Presiden Direktur PT. Jaya Ritel Indonesia selaku penyelenggara mengklaim bahwa buku ini mampu mengembangkan imajinasi anak-anak.

Anak-anak dapat merasakan pengalaman unik menyaksikan karakter favorit mereka menjadi hidup. Mereka diajak membaca, belajar, bermain, dan berinteraksi dengan karakter kesayangan,” kata Uli dalam acara konferensi pers yang berlangsung Selasa (19/2/2019) di bilangan Jakarta Selatan.

"Kami ingin membuat ruang tumbuh bagi imajinasi anak, bagaimana asyiknya membaca dan belajar dengan buku,” tambahnya.

Di Big Bad Wolf 2019 nanti, seri Little Hippo akan hadir lengkap dengan 13 judul buku. Dua di antaranya menggunakan bahasa Indonesia dengan tema spesifik mengenalkan agama Islam kepada anak, melalui seri Alif-Sofya. Akan tetapi, sebelas buku yang berbahasa Inggris turut dilengkapi dengan teks maupun subtitle bahasa Indonesia.

Seri ini disebut ajaib karena memadukan buku dengan teknologi augmented reality (AR). Caranya, pembaca mengunduh aplikasi “Hippo Magic” di Apple Store maupun Play Store, lalu mengikuti petunjuk yang diminta.

Karakter dalam buku seri Little Hippo menjadi hidup dalam rupa tiga dimensi usai dipindai menggunakan gawai yang terpasang aplikasi Hippo Magic.KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEAN Karakter dalam buku seri Little Hippo menjadi hidup dalam rupa tiga dimensi usai dipindai menggunakan gawai yang terpasang aplikasi Hippo Magic.
Setelahnya, pengguna tinggal memindai isi buku dengan gawai masing-masing untuk membuat karakter-karakter yang muncul di setiap halaman menjadi interaktif, mulai dari bicara, bergerak, dan mendengarkan jawaban pengguna dalam rupa tiga dimensi.

Di sisi lain, serupa dengan buku-buku impor lainnya di Big Bad Wolf, seri Little Hippo juga dikenai potongan harga yang cukup signifikan. Masing-masing buku yang harga aslinya sekitar belasan dolar AS, dijual sekitar Rp 90.000.

Pada tahun sebelumnya, seri Little Hippo juga sempat hadir di gelaran Big Bad Wolf Surabaya dan Medan, namun serinya belum komplet. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com