Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Spot Foto “Instagramble” di Goa Batu Cermin Labuan Bajo

Kompas.com - 21/02/2019, 16:13 WIB
Sherly Puspita,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com – Berburu spot-spot wisata Instagramable kini menjadi tren wisatawan saat ini. Sudut-sudut menarik di kawasan wisata dipilih untuk menghasilkan dokumentasi berupa foto atau video yang menarik.

Beberapa waktu lalu, Kompas.com bersama para pemenang liburan gratis ke Labuan Bajo dari Cordela Hotels & Alfa Resort menyambangi salah satu objek wisata bernama Goa Batu Cermin. Tak hanya untuk berwisata menikmati keindahan goa, kami juga berburu spot-spot foto menarik.  

Di dalam goa, kami menemui berbagai fosil biota laut dan relief Bunda Maria di dinding-dinding guanya. Goa yang memiliki panjang sekitar 200 meter ini memiliki banyak lorong yang dipenuhi stalaktit dan stalakmit yang masih terus tumbuh.

Salah satu spot foto menarik di Goa Batu Cermin, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Salah satu spot foto menarik di Goa Batu Cermin, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Untuk menuju ke pintu masuk gua, kami harus berjalan sekitar 200 meter dari pintu masuk kawasan. Sesampainya di pintu goa, ada sebuah tangga permanen yang sengaja dibangun untuk memudahkan wisatawan menuju mulut goa.

Nah, di tangga itu kami dapat berfoto dengan latar batuan karst yang menjulang tinggi.

Tak hanya di tangga, memasuki goa kami menemukan sejumlah lubang di dinding yang membuat cahaya matahari menembus ke dalam goa. Cahaya tersebut terrefleksikan sesuai arah datangnya cahaya hingga membentuk semacam garis lurus yang akan sangat cantik untuk difoto.

Badan goa juga menarik untuk dijadikan sebagai spot berfoto. Hanya saja kondisi goa yang gelap dan dipenuhi stalaktit dan stalakmit cukup menyilitkan kami.

Oleh sebab itu sebelum memasuki goa kami harus memastikan membawa alat pencahayaan dan mengenakan helm pengaman.

Namun tak semua bagian goa gelap. Jika diperhatikan ada sejumlah lubang di atap goa yang merefleksikan cahaya warna-warni di permukaan dinding goa.  Bagian goa inilah yang juga menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

Waktu terbaik mengunjungi Goa Batu Cermin adalah pada siang hari sekitar pukul 12.00, saat matahari tepat berada di tengah. Biasanya pantulan cahaya yang dihasilkan akan menjadi lebih indah.

Bagaimana, tertarik mengunjungi Goa Batu Cermin?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com