Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wisata Puncak Sosok Bantul

Kompas.com - 22/02/2019, 07:13 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

BANTUL, KOMPAS.com – Salah satu wisata yang bisa dicoba di Yogyakarta adalah menikmati momen sore di Puncak Sosok, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul.

Baca juga: Nyore Romantis Ditemani Musik Akustik di Puncak Sosok, Bantul

Obyek wisata yang dibangun Januari 2018 silam ini sekarang dikunjungi ratusan wisatawan, terutama sore hari di akhir pekan. Selain panorama sunset yang menawan, pementasan akustik juga membuat suasana sore di Puncak Sosok semakin romantis.

Jika hendak berkunjung ke Puncak Sosok, ini dia 5 aktivitas yang bisa dilakukan:

1 Berfoto di Spot-spot instagramable

Berada di ketinggian, Puncak Sosok menawarkan keindahan panorama bagi para pengunjungnya. Pihak pengelola dari masyarakat, yakni Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jabal Kelor juga telah menambahkan ornamen berfoto yang menarik.

Lokasi swafoto di Puncak Sosok pun ada banyak. Pemandangan indah dari ketinggian begitu sampai lokasi seolah membuat tangan gatal untuk segera mengeluarkan perangkat kamera dan berfoto.

Pengunjung berfoto di spot foto Puncak Sosok, BantulKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pengunjung berfoto di spot foto Puncak Sosok, Bantul
Salah satu spot foto favorit pengunjung Puncak Sosok ada di jembatan kayu yang terletak agak ke barat. Bentuk jembatan yang unik dengan latar belakang panorama terbuka memang membuat banyak orang senang berfoto di sini.

Pengunjung juga bisa berfoto dengan panorama yang tidak biasa, yakni Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan. Meski tempat pembuangan sampah terkesan jorok, jaraknya yang mencapai satu kilometer membuatnya hanya tampak seperti bukit pasir.

2. Menikmati Aneka Sajian di Warung

Fasilitas penunjang wisata di Puncak Sosok sudah cukup lengkap. Salah satu fasilitas yang bisa dinikmati adalah warung makan. Aneka makanan dan minuman bisa dipesan di sini untuk teman menikmati indahnya panorama sore.

Deretan warung makan di Puncak Sosok, Bantul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Deretan warung makan di Puncak Sosok, Bantul.

Makanan yang dijual disini antara lain seperti tahu walik, bakso tusuk, sempol ayam, siomay, sate gajih, cilok krispy, dan jagung bakar. Untuk minuman, tersedia teh, jeruk, dan kopi.

Baca juga: 5 Tips Nyore Romantis di Puncak Sosok, Bantul

Menikmati sajian tak hanya bisa dilakukan di tempat duduk yang telah disediakan oleh pengelola. Pengunjung juga bisa memesan tikar dan bersantap sembari selonjoran dan menikmati pemandangan beserta musik akustik.

3 Bersantai Sambil Menikmati Musik Akustik

Kebanyakan pengunjung Puncak Sosok yang datang biasanya bersantai sembari menikmati pementasan musik akustik. Memang pengelola telah menyediakan panggung terbuka dan set sound dan alat musik sehingga siapa pun bisa tampil.

Pentas musik akustik di Puncak Sosok, Bantul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pentas musik akustik di Puncak Sosok, Bantul.

Pertunjukan akustik biasanya rutin diselenggarakan ketika akhir pekan saat tidak hujan. Pada malam minggu, pentas akustik biasanya berlangsung dari sore hingga malam hari. Perlu diketahui jika panorama malam hari di sini juga begitu menawan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com