Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri ESDM Mengunjungi Taman Terakota hingga Menikmati Kopi Osing

Kompas.com - 22/02/2019, 14:11 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (21/2/2019). Menteri Jonan ke Banyuwangi dalam rangka membuka rapat Dewan Energi Nasional (DEN) yang berlangsung selama dua hari.

Di sela-sela tugasnya tersebut, ia menyempatkan diri untuk menikmati sejumlah destinasi wisata di bumi Blambangan. Menteri kelahiran Surabaya itu, mengunjungi Taman Gandrung Terakota di lereng Gunung Ijen hingga menikmati kopai osing di Sanggar Genjah Arum di Desa Kemiren, Kecamatan Licin Banyuwangi.

"Saya sengaja menaruh rapat DEN di Banyuwangi. Biasanya di Jakarta, tapi saya ingin suasana berbeda. Banyuwangi kan sekarang dikenal dengan pariwisatanya. Jadinya mereka bisa menikmati wisata di Banyuwangi," katanya seusai menikmati kopi osing.

Baca juga: Menteri Rini Borong Oleh-oleh di Banyuwangi

Jonan mengakui jika Pemkab Banyuwangi memiliki keseriusan menggarap pariwisata sebagai bagian dari pengembangan ekonomi kerakyatan. Hal inilah yang membuatnya mengapresiasi langkah-langkah Banyuwangi untuk mengembangkan wisatanya.

"Banyuwangi merupakan daerah yang memiliki keseriusan membangun daerah. Ini tak semua kepala daerah memilikinya. Saya senang melihat Banyuwangi serius mengembangkan pariwisatanya untuk mengembangkan perekonomian berbasis kerakyatan," ungkapnya.

Menteri ESDM saat menggunakan tutup kepala khas suku Using Banyuwangi, Kamis (21/2/2019).ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGI Menteri ESDM saat menggunakan tutup kepala khas suku Using Banyuwangi, Kamis (21/2/2019).
Pada hari pertama kunjungannya tersebut, Jonan langsung menuju Jiwa Jawa Resort. Di tempat tersebut, ia bersama rombongan menikmati sarapan pagi.

Baca juga: Wisata Banyuwangi Tak Hanya Kawah Ijen, Ada TN Alas Purwo

Ditemani Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mereka lantas mengunjungi taman gandrung terakota yang berhiaskan seribu patung gandrung di tengah lansekap persawahan yang hijau.

"Iki apik," ungkapnya dengan dialek Surabaya saat mengunjungi galeri lukis seniman-seniman Banyuwangi yang juga terpajang di kompleks taman terakota tersebut.

Baca juga: Tradisi Membuat Katikan untuk Aseman Daging, Menu Hajatan Khas Osing

Setelah puas mengunjungi taman terakota, ia melanjutkan perjalanannya ke Sanggar Genjah Arum. Di sini ia menikmati kopi osing racikan Iwan Subekti.

Sebagai seorang peracik kopi internasional, Iwan sukses mengembangkan kopi yang dihasilkan Banyuwangi memiliki cita rasa dunia. "Kopi Banyuwangi enak-enak," ungkap Jonan usai menyeduh kopi di Genjah Arum.

Menteri ESDM Ignasius Jonan saat mengunjungi Desa Kemiren di Banyuwangi, Jatim (21/2/2019).ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGI Menteri ESDM Ignasius Jonan saat mengunjungi Desa Kemiren di Banyuwangi, Jatim (21/2/2019).
Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengapresiasi langkah Menteri ESDM untuk menempatkan rapat DEN di Banyuwangi. Hal tersebut turut membantu Banyuwangi dalam mengembangkan wisata MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) di Banyuwangi.

"Dengan sejumlah hotel yang ada di Banyuwangi ini, wisata MICE menjadi salah satu target yang kita kembangkan. Kami bersyukur, Kementerian ESDM melalui Dewan Energi Nasional menaruh pertemuan pentingnya di Banyuwangi," ungkap Anas.

Tidak hanya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi, Anas juga mengharapkan sektor ekonomi kerakyatan turut bergerak dari tumbuhnya wisata MICE tersebut. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com