Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Destinasi untuk Pecinta Sejarah dan Seni di Hongkong

Kompas.com - 22/02/2019, 15:05 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com - Mayoritas wisatawan Indonesia mengenal Hongkong sebagai destinasi belanja. Namun sebenarnya ada banyak yang bisa dijelajahi di Hongkong, termasuk wisata sejarah dan budaya.

Hongkong yang sejak lama dikenal merupakan hub di daerah Asia memiliki sejarah dan budaya yang unik, percampuran antara Barat dan Timur. Sampai sekarang, banyak situs di Hongkong yang lestari bahkan dijadikan galeri seni atau tempat tur sejarah. Berikut lima destinasi untuk para pecinta sejarah dan seni saat di Hongkong:

1. Xiqu Centre

Xiqu Centre resmi dibuka pada Januari 2019. Xiqu Centre didedikasikan untuk mempertahankan dan mempromosikan teater Kanton. Xiqu Centre menjadi tempat pertama di area West Kowloon Cultural District yang dibuka untuk umum.

Bangunannya meggunakan desain arsitektur berunsur tradisional dan modern. Selain menikmati sisi arsitektur bangunan ini, pengunjung juga diajak untuk menyaksikan opera Kanton sambil menikmati hidangan teh tradisional dan dim sum di Tea House Theatre.

2. The Mills

Sebuah pusat inovasi dan budaya yang sebelumnya merupakan bangunan pabrik tekstil. Bertempat di Tsuen Wan, dalam Centre for Heritage, Arts and Textile (CHAT) yang secara resmi akan dibuka pada bulan Maret 2019.

Pengunjung dapat mempelajari sejarah industri tekstil Hong Kong, lanskap seni tekstil lokal & global, serta diundang untuk melihat langsung proses pemintalan kapas manual menggunakan alat pemintal tradisional di Pameran Welcome to the Spinning Factory!

Selain itu, mulai tanggal 16 Maret 2019, para pengunjung dapat menikmati rangkaian karya seni tekstil kontemporer yang ditampilkan pada PameranUnfolding: Fabric of Our Life.

The Mills Hongkong pabrik tekstil yang kini dimanfaatkan menjadi galeri seni di Hongkong. Dok. HKTB The Mills Hongkong pabrik tekstil yang kini dimanfaatkan menjadi galeri seni di Hongkong.
3. Tai Kwun

Dinobatkan sebagai salah satu proyek revitalisasi terbesar kota Hong Kong. Tiga monumen ikonik ini menjadi bagian dari museum seni kontemporer kelas dunia, beberapa restoran kualitas tinggi di Hong Kong, dan juga beberapa butik.

Selain mengambil gambar dan menikmati keindahan arsitektur di area ini, pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan gratis di beberapa lokasi terpilih, kontes tari urban, komunitas tari dan tari kontemporer, lokakarya dan pemutaran film di program HKArtsFestival@TaiKwun selama dua akhir pekan mulai 2-10 Maret 2019.

3. PMQ

PMQ adalah singkatan dari Polici Married Quater. Dulunya adalah asrama yang diperuntukan bagi polisi Hongkong yang baru menikah. Kini kawasan PMQ berubah menjadi sentra seniman, dengan berbagai karya seni yang dapat dibeli.

Banyak karya seni di PMQ juga berbentuk barang pakai dan harga terjangkau, PMQ wajib dikunjungi jika menyukai gaya hipster.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com