Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Masjid Tempat Syahrini dan Reino Menikah di Jepang

Kompas.com - 27/02/2019, 20:03 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokyo Camii & Turkish Culture Center disebut sebagai lokasi pernikahan Syahrini dan Reino Barack. Masjid yang terletak di daerah Shibuya, Tokyo ini merupakan masjid terbesar di Jepang dan berdiri sudah cukup lama.

Berdasarkan situs resmi Tokyo Camii & Turkish Culture Center, disebutkan bawah Masjid Tokyo Camii dibangun pada 1938 oleh komunitas imigran dari Kazan atau saat ini Rusia.

(Baca juga: Suasana Masjid Camii, Tokyo, Jelang Akad Nikah Syahrini dan Reino Barack)

Mereka datang ke Jepang sebagai pengungsi setelah terjadi Revolusi Rusia pada 1917. Komunitas Kazan meminta izin pada pemerintah Jepang untuk membangun sekolah bagi anak-anak dan masjid untuk beribadah.

Umat Muslim beribada di Masjid Tokyo Camii, Shibuya, Jepang. Dok. Nippon.com Umat Muslim beribada di Masjid Tokyo Camii, Shibuya, Jepang.
Masjid Tokyo Camii saat ini bukanlah yang orisinal. Pada 2000 masjid ini dibangun kembali lantaran kerusakan bangunan yang cukup serius.

Pembangunan Masjid Tokyo Camii menggabungkan unsur masa lalu dan modern. Unsur modern dari teknik konstruksi modern Jepang. Sedangkan gaya arsitektur mengarah ke Ottoman klasik.

(Baca juga: Pernikahan Syahrini-Reino Barack: Para Tamu Undangan Mulai Tiba di Masjid Camii)

Gaya arsitektur Ottoman klasik terkenal indah dan megah, dihiasi pahatan detail dan kaca patri warna-warni. Sekilas jika dilihat Masjid Tokyo Camii mirip Masjid Biru di Istanbul, Turki.

Masjid Tokyo Camii di Shibuya, Jepang. Dok. Nippon.com Masjid Tokyo Camii di Shibuya, Jepang.
Ada ruang serba guna di Masjid Tokyo Camii yang memang dapat digunakan untuk perhelatan pernikahan, peragaan busana, pertunjukan drama, pameran, atau konferensi.

(Baca juga: Syahrini Resmi Sandang Status Istri Reino Barack)

Masjid Tokyo Camii juga memiliki pesan untuk semua orang. Selain menjadi tempat peribadatan yang suci, masjid ini juga terbuka untuk orang yang ingin belajar agama Islam, dan terbuka untuk semua golongan khususnya warga Jepang. Masjid Tokyo Camii juga berkontribusi terhadap toleransi orang Jepang dan komunitas Turki di sana.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com