Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Dapat Foto Malam yang Keren di Pinus Pengger, Berikut 5 Tipsnya

Kompas.com - 05/03/2019, 19:14 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

BANTUL, KOMPAS.com – Selain kaya akan wisata alam dan budaya, Yogyakarta juga memiliki ragam wisata malam yang tak kalah memesona. Bahkan panorama malam kini menjadi atraksi wisata andalan di Yogyakarta.

Ada banyak obyek wisata yang menyajikan keindahan panorama malam hari. Salah satunya adalah Pinus Pengger. Berlokasi di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, obyek wisata ini tidak hanya menawarkan hutan pinus yang menawan.

Baca juga: Menikmati Keindahan Malam di Wisata Hits Jogja, Pinus Pengger

Ketika malam hari tiba, Pinus Pengger masih ramai oleh wisatawan. Spot foto instagramable dengan latar belakang gemerlap cahaya lampu Kota Yogyakarta di malam hari menjadi daya tarik utamanya.

Jika ingin mendapatkan foto malam yang keren di Pinus Pengger, berikut ini 5 tipsnya:

1. Datang Malam Hari ketika Tidak Hujan

Jasa fotografi yang disiapkan oleh pengelola Pinus Pengger hanya tersedia pada waktu malam setiap harinya. Tentu saja keindahan panorama malam juga hanya bisa didapatkan ketika malam tiba. Usai maghrib, panorama malam di Pinus Pengger sudah menampakkan pesona-nya.

Baca juga: Gemerlap Yogyakarta dari Pintu Langit Dahromo

Memang jasa fotografer ada setiap malam. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah, jasa fotografer hanya akan ada ketika cuaca cerah. Jika hujan, maka tidak ada jasa fotografer karena perangkat kamera rawan rusak terkena air hujan.

2. Datang Lebih Awal

Keindahan panorama malam di Pinus Pengger membuat banyak orang ingin berfoto dengan latar belakang yang memesona itu. Oleh karena itu, selalu terjadi antrean cukup panjang untuk berfoto, terutama ketika libur panjang.

Jasa fotografi di Pinus Pengger menggunakan nomor antrean. Fotografer kemudian akan memanggil nomor itu. Pengunjung yang nomornya dipanggil bisa maju untuk difoto.

Salah satu spot foto favorit wisatawan di Pinus Pengger, Yogyakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Salah satu spot foto favorit wisatawan di Pinus Pengger, Yogyakarta.

Agar tidak mengantre terlalu lama, lebih baik jika datang lebih awal. Menjelang maghrib bisa menjadi saat yang pas untuk terlebih dahulu mengambil nomor antrean. Ketika sesi foto dimulai, menunggu antrean pun tak lagi lama.

Andai membawa perangkat kamera sendiri pun nomor antrean tetap akan dibutuhkan untuk bisa berfoto di spot yang disediakan.

3. Bawa Flasdisk

Agar bisa membawa pulang hasil jepretan fotografer, file foto harus dipindah. Agar foto bisa langsung dibawa pulang untuk segera diunggah ke media sosial, hendaknya tidak lupa untuk membawa flashdisk.

Salah satu spot foto malam di Pinus Pengger.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Salah satu spot foto malam di Pinus Pengger.

Selain menyiapkan kamera, pengelola juga menempatkan laptop. Setelah beberapa kali pengambilan foto, kartu memori dari kamera akan dipindahkan ke laptop untuk memindahkan gambar ke flashdisk pengunjung yang dipotret.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com