Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Saat Personel Band d’Masiv Mampir ke PLBN Mota’ain...

Kompas.com - 10/03/2019, 12:27 WIB
Sri Noviyanti

Editor

 

KOMPAS.com- Beberapa waktu lalu, band Indonesia d’Masiv sempat mengunjung Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota’ain. Dalam kunjungan itu, para personelnya mengaku terkagum-kagum dengan beranda terdepan Tanah Air itu.

Sebagai informasi, kunjungan mereka ke sana adalah untuk keperluan mengisi acara Konser Musik Perbatasan Atambua (KMPA) 2019, Sabtu (9/3/2019). Namun, sebelum acaranya mulai, sejenak mereka sempatkan untuk berkeliling.

“Kami menyempat diri untuk melihat PLBN Mota’ain. Kan kami sudah dekat dengan perbatasan. Berada di sini adalah kesempatan luar biasa. Kami bangga bisa berada di beranda terdepan tanah air yang menghadap langsung ke Timor Leste,” ujar Rian, vokalis d’Masiv. Seperti dlam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (10/3/2019).

Menurut dia,  wilayah ini keren. Tempatnya megah dan keseluruhan arsitekturnya cukup unik.

“PLBN Mota’ain ini sangat luar biasa. Megah dan berwibawa. Bangunan  di sini tentu jadi identitas dan kebanggaan masyarakat di perbatasan. Secara fisik, aritekturnya unik dengan mengadopsi semua nilai yang ada di sini. Pokoknya PLBN Mota’ain sangat keren,” katanya.

Untuk mengabadikan keberadaan mereka di sana, mereka pun mengambil gambar foto diri dengan berbagai latar. Mereka berfoto di banyak spot.

Sambil berkeliling, mereka juga menyapa masyarakat dan fans. Tak sedikit pula yang meminta waktu untuk foto bersama mereka.

Hari itu, mereka puas mengeksplor wilayah perbatasan tersebut.

“d’Masiv luar biasa. Mereka masih mau singgah di PLBN Mota’ain di tengah padatnya persiapan waktu konser. Kehadiran d’Masiv semakin menegaskan PLBN Mota’ain sebagai destinasi terbaik di perbatasan,” ujar Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh Ricky Fauziyani.

Kedatangan d’Masiv, kata Ricky otomatis akan berpengaruh pada PLBN Mota’ain sebagai salah stau destinasi wisata.

Value-nya otomatis naik. Apalagi, spot di sini sangat instagramable. PLBN Mota’ain ini bayak berubah (dibandingkan dahulu),” ujar dia lagi.

Sekilas PLBN Mota’ain

PLBN Mota’ain diresmikan Presiden Joko Widodo pada 28 Desember 2016. Usai berganti wajah, PLBN Mota’ain juga menjadi spot wisata. Banyak warga Timor Leste berfoto dengan background wilayah yang memiliki luas 8,3 hektar itu. Adapun total nilai investasi untuk renovasi sekitar Rp 82 miliar.

Silain fisik bangunan, infrastruktur pendukung aksesibilitas juga sudah baik. Jalan dari PLBN Mota’ain menuju Atambua kini mulus dan lebar.

Selain itu, rambu-rambu lalu lintasnya juga sangat jelas. Jarak tempuh dari PLBN Mota’ain menuju Atambua hanya 30 menit. Padahal, sebelumnya, waktu yang ditempuh bagi orang yang ingin melintasinya adalah sekitar 90 menit karena kondisi jalan yang kurang mendukung.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com