Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Penting untuk Mengamankan Daftar "Buruan" di Indofest 2019

Kompas.com - 10/03/2019, 14:04 WIB
Vitorio Mantalean,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Terhitung sejak Kamis (7/3/2019) lalu, bazar outdoor Indofest 2019 resmi digelar di Exhibition Hall B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan. Indofest 2019 akan berlangsung selama empat hari alias berakhir pada hari ini, Minggu (10/3/2019).

Pada hari pembukaan yang bertepatan dengan libur Nyepi, jumlah pengunjung membeludak di dalam area bazar. Saking penuhnya, penjualan tiket sempat disetop beberapa saat sekitar pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Daftar Ransel Outdoor Merek Lokal Murah di Indofest 2019

Hal ini bukan tak mungkin kembali terjadi pada akhir pekan nanti. Bila padatnya kunjungan kembali berulang, kunjungan Anda bisa jadi amat memakan waktu dan energi, terlebih jika barang yang Anda incar sudah ludes dibawa pulang pengunjung lainnya.

Berikut KompasTravel menghimpun sejumlah kiat agar agenda berburu barang outdoor murah di Indofest 2019 bisa lebih nyaman:

1. Datang lebih awal

Pada hari libur, antrean masuk Indofest 2019 sudah mengular sejak 1 jam sebelum dibukanya area bazar. Tiba lebih dini membuat Anda berada di bagian depan antrean masuk, sehingga lebih leluasa menjelajahi area bazar yang belum berjejalan orang.

2. Hindari datang sendiri

Datang bersama dengan rekan-rekan dapat membantu pergerakan Anda di dalam area bazar. Anda dan rekan bisa berpencar di awal kedatangan untuk “mengamankan” daftar buruan, terlebih barang-barang yang hendak dibeli bersama seperti tenda, cooking set, dan sejenisnya.

Anda dan rekan juga mampu bertukar alias saling menitip tempat ketika antrean terasa melelahkan.

3. Buat daftar buruan

Bila Anda enggan kalap oleh harga-harga barang yang menggiurkan, buatlah daftar barang yang memang ingin dicari. Dengan melakukan hal ini, pergerakan Anda di area bazar bisa lebih efektif dan efisien karena langsung menyasar stan tujuan Anda.

4. Cek harga

Anda bisa memeriksa terlebih dulu harga-harga barang yang ingin Anda buru, baik di toko resmi maupun melalui marketplace daring. Langkah ini merupakan langkah antisipasi supaya Anda tahu apakah harga diskon yang tertera sudah tergolong murah atau belum.

Baca juga: Daftar Tenda Murah di Indofest 2019

Anda pun dapat mengecek apakah diskon tersebut hanya berlaku di Indofest 2019 atau berlaku pula di gerai-gerai resminya. Jangan sampai menyasal, sebab ramainya Indofest 2019 di hari libur membuat Anda tak begitu leluasa mencoba-coba barang yang hendak dibeli.

5. Sedia uang tunai

Berdasarkan pantauan KompasTravel, sejumlah stan produk outdoor mengalami kendala akses sinyal pembayaran menggunakan kartu kredit maupun debit. Hal ini menyebabkan proses antre pembayaran semakin lama.

Kebanyakan pembeli memutuskan untuk menitip belanjaannya di kassa, untuk kemudian kembali selang beberapa saat. Namun, tak sedikit pula yang kembali dengan tangan hampa lantaran titipannya berpindah ke tangan pembeli lain yang membayar kontan. Jika perlu, ambillah uang tunai di ATM Gallery yang terletak di dekat Exhibition Hall A JCC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com