Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Ngobaran, Sepotong Bali di Selatan Gunungkidul

Kompas.com - 15/03/2019, 18:43 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Berlibur ke Yogyakarta, rasanya belumlah komplet jika tidak serta menjelajah kawasan pantainya. Sudah sejak lama pantai-pantai yang ada di Yogyakarta, khususnya Kabupaten Gunungkidul, memiliki daya tarik tersendiri.

Memiliki pasir putih dengan dikelilingi perbukitan, pantai-pantai Gunungkidul mampu memikat para wisatawan dari berbagai daerah. Pilihan pantai untuk dikunjungi pun ada banyak dengan karakteristiknya masing-masing.

Baca juga: Sebelum ke Pantai Gunungkidul, Jajan Dulu di Pasar Digital Ngingrong

Tak hanya sekadar indah, ada pula pantai Gunungkidul yang memiliki karakteristik seperti di Pulau Bali. Pantai itu bernama Ngobaran yang terletak di Dusun Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Jarak tempuh dari Kota Yogyakarta menuju Pantai Ngobaran adalah sekitar 56 kilometer. Sementara waktu tempuhnya adalah kurang-lebih dua jam.

Bagai Pulau Dewata

Begitu sampai di Pantai Ngobaran, wisatawan akan merasa seolah sedang berada di Pulau Bali. Selain keindahan pasir putih dengan latar belakang topografi pergunungan, terdapat bangunan pura dan arca-arca yang semakin membuat nuansa Pulau Dewata semakin kental.

Baca juga: 7 Tips Berkunjung ke Spot Swafoto Hits Baru Jogja, Gunung Bagus

Pura di Pantai Ngobaran bernama Pura Segara Wukir. Pura ini dibangun pada tahun 2006 silam. Pura ini juga masih berfungsi sebagai tempat ibadah umat Hindu. Meski demikian, wisatawan tetap boleh berfoto di depan pura ketika sedang tidak ada peribadatan.

Pura Segara Wukir di Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pura Segara Wukir di Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta.

Kompleks arca ada di sebelah barat yang juga bisa dijadikan latar atau obyek foto. Ketika hari besar umat Hindu, di Pantai Ngobaran juga diadakan acara keagamaan. Salah satu acara adalah upacara Melasti yang diadakan sebelum Hari Raya Nyepi.

Ada satu lagi bangunan unik di Pantai Ngobaran yang berbentuk seperti candi. Bangunan itu bukanlah bagian pura dan merupakan milik Keraton Yogyakarta.

Cocok untuk swafoto

Tentu keberadaan pura dan arca di pantai merupakan sesuatu yang langka dan unik. Bagi pengunjung biasa, keunikan itu bisa menjadi latar swafoto yang menarik. Wisatawan biasanya berfoto di depan pura atau arca.

Baca juga: 6 Tips Berkunjung ke Taman Bunga Telaga Malingan Gunungkidul

Tidak ada aturan khusus bagi siapa pun yang ingin berfoto di depan pura dan arca. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah hendaknya tidak berpose kurang sopan dan tidak melakukan vandalisme di tempat suci umat Hindu ini.

Kawasan Pantai Pasir di Pantai Ngobaran.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Kawasan Pantai Pasir di Pantai Ngobaran.

Pengelola juga sudah menambahkan spot-spot foto menarik di Pantai Ngobaran ini. Ada pula spot foto yang berada di atas karang yang sudah diubah masyarakat setempat menjadi tempat berfoto.

Baca juga: Gunungkidul Punya Taman Bunga di Dekat Pantai

Selain memiliki banyak spot foto, ada pula pantai pasir putih di sini. Namun pantai pasir putih tidak terlalu luas. Jika ingin lebih puas bermain pasir pantai, wisatawan bisa menuju Pantai Nguyahan yang berada tepat di sebelah barat Pantai Ngobaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com