Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitologi hingga Kisah Cinta di Balik Perayaan “Holi” di India

Kompas.com - 21/03/2019, 13:11 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com – Jika Anda salah satu penggemar film Bollywood, video-video klip musik India, dan tayangan lainnya maka Anda tak akan asing lagi dengan adegan sekelompok orang berkumpul, bernyanyi,menari, sambil saling melemparkan air dan serbuk berwarna. Adegan ini menggambarkan perayaan Holi yang kerap digelar di India.

Holi kini kian populer di mata dunia setelah beragam merk ternama seperti Sony dan Canon membuat iklan untuk produk mereka dengan menampilkan kemeriahan salah satu festival Hindu ini.

Baca juga: Makna di Balik Warna-warni Serbuk Festival Holi

Tak hanya itu, Chris Martin dari band Coldplay pun sempat terlibat dalam tradisi Holi dalam video musiknya yang bertajuk "Hymn for the Weekend."

Dilansir dari CNN Travel, di balik kemeriahan perayaan Holi, ada cerita mitologi hingga kisah cinta dibaliknya. Mari simak kisah selengkapnya.

Perayaan Holi di India.CNN Travel Perayaan Holi di India.

Festival sambut musim semi

Holi merupakan festival Hindu yang menandai awal musim semi yang dirayakan di seluruh India. Holi merupakan festival kuno yang konon terispirasi dari sebuah puisi yang disusun pada abad ke-4.

Holi bahkan bahkan dikisahkan secara rinci dalam sebuah drama Sanskerta pada abad ke-7 bertajuk "Ratnavali”, yang ditulis oleh kaisar India Harsha.

Perayaan Holi selalu meriah. Saat itu anak-anak boleh memercikkan air kepada orang tua, wanita dapat menaburkan serbuk warna kepada para pria. Saat festival berlangsung semua orang berbaur dalam kebahagiaan dan tak lagi membedakan usia maupun kasta.

Baca juga: Merayakan India Holi Festival di Ancol

Kemudian pada malam hari masyarakat India akan mengunjungi teman dan keluarga. Holi juga telah ditetapkan sebagai libur nasional dan biasanya jatuh pada bulan Maret. Holi tahun ini jatuh pada hari Rabu (20/3/2019).

Festival ini berlangsung sehari sebelum hari libur nasional di negara-negara bagian timur seperti Bengal Barat dan Odisha. Kemudian di beberapa negara bagian utara seperti Uttar Pradesh, perayaan berlangsung lebih dari seminggu.

Perayaan Holi di India.CNN Travel Perayaan Holi di India.

Akar mitologis

Akar festival ini terletak pada legenda Hindu Holika, iblis perempuan, dan saudara perempuan iblis, Raja Hiranyakashayap.

Hiranyakashayap percaya bahwa dia adalah penguasa alam semesta dan lebih unggul dari semua dewa. Namun putranya, Prahlad, merupakan pengikut dewa Wisnu, pemelihara dan pelindung alam semesta.

Keputusan Prahlad untuk tak sependapat dengan ayahnya membuatnya harus meninggalkan Hiranyakashayap.

Tak disangka, Hiranyakashayap mengutus Holika untuk membunuh Prahlad. Holika akan membawa Prahald ke api bersamanya. Hiranyakashayap berfikir Holika akan selamat karena Ia kebal terhadap api, sedangkan Prahald akan terbakar.

Baca juga: Panduan Membuat e-Visa ke India, Bebas Biaya dan Prosesnya Mudah

Halaman:
Sumber CNN Travel

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com