Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pacitan Punya Pemandian Air Hangat Alami 24 Jam

Kompas.com - 21/03/2019, 19:25 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

PACITAN, KOMPAS.com – Kabupaten Pacitan merupakan destinasi yang cocok bagi para pencinta wisata pantai dan gua. Hal itu karena ada banyak pantai pasir putih dan gua yang memesona di kabupaten ini.

Namun, Pacitan tidak hanya memiliki gua dan pantai saja. Meski jauh dari gunung api aktif, Pacitan ternyata juga memiliki pemandian air panas. Bukan sekadar air hangat, sumber air pemandian ini alami dan berasal dari dalam bumi.

Baca juga: Sentono Gentong, Memandang Indahnya Pacitan dari Ketinggian

Masyarakat Pacitan yang ingin mandi air hangat cukup mengunjungi Pemandian Air Hangat Tirto Husodo. Pemandian air hangat ini tepatnya berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Jarak pemandian ini dari pusat Kota Pacitan hanyalah sekitar 16,5 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih setengah jam.

Menuju Pemandian Air Hangat di Pacitan

Rute tempuh menuju pemandian air hangat ini jika ditempuh dari Pacitan adalah melewati jalan utama Pacitan-Ponorogo. Begitu sampai Pasar Arjosari, perjalanan dilanjutkan dengan berbelok utara (kiri) memasuki Jalan Arjosari-Banyu Anget.

Jika ditempuh dari Kota Surakarta, Wonogiri, Atau Yogyakarta, rutenya adalah melewati Kota Pacitan terlebih dahulu. Memang menurut Google Maps, ada jalan yang lebih cepat. Namun jika diikuti, kondisi jalannya cukup sulit untuk dilalui dan berbahaya karena membelah pergunungan.

Jika berangkat dari Ponorogo, maka ikuti jalan utama menuju Pacitan. Nanti begitu sampai Pasar Arjosari, perjalanan berbelok ke arah utara (kanan) melewati Jalan Arjosari-Banyu Anget. Sekitar lima kilometer di kanan jalan, sampailah perjalanan di pemandian air hangat.

Pemandian Air Hangat 24 Jam

Harga tiket untuk pemandian air hangat di Pacitan ini hanyalah Rp 10.000 saja. Pengelola telah membuat kolam-kolam pemandian yang airnya berasal dari sumber air panas. Sementara kolam utama suhu airnya cukup tinggi sehingga tertutup untuk umum.

Air panas yang dialirkan ke kolam pemandian itu telah disesuaikan suhunya sehingga aman untuk dipakai berendam. Total ada tiga kolam pemandian yang bisa digunakan, yakni kolam anak-anak, kolam sedang, dan kolam dewasa.

Kolam sumber air panas di Pemandian Air Hangat Tirta Husada di Pacitan yag terlarang dijamah karena airnya yang cukup panasKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Kolam sumber air panas di Pemandian Air Hangat Tirta Husada di Pacitan yag terlarang dijamah karena airnya yang cukup panas
Jika hari libur dan cuaca cerah, banyak orang yang berkunjung ke pemandian air hangat ini. Biasanya sore hari ketika cuaca cerah menjadi saat paling banyak kunjungan. Air hangat juga dialirkan ke kamar mandi jika enggan menggunakan kolam pemandian umum.

Berada di sumber air panas bukan berarti lantas tidak ada air dingin. Pengunjung yang ingin mandi air dingin bisa melakukannya di kamar mandi.

Baca juga: Buyutan, Pantai Pasir Putih di Pacitan dengan Legenda Mahkota Dewa

Satu hal yang spesial dari pemandian air hangat di Pacitan ini adalah jam bukanya. Mereka yang ingin mandi air hangat tengah malam saat tidak terlalu ramai bisa melakukannya di sini karena jam buka pemandian ini adalah 24 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com