Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Makan Daging Panggang Bungkus Sayur ala Orang Korea

Kompas.com - 22/03/2019, 22:06 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam drama Korea, adegan makan daging panggang bersama sahabat, kekasih, atau keluarga sering ditampilkan. Uniknya jika diperhatikan secara seksama, orang Korea punya cara tersendiri saat makan daging panggang.

Biasanya daging disantap bersama nasi dalam satu gulungan sayuran. Nama makanan tersebut adalah ssambap alias nasi bungkus sayuran. Ada tata cara dalam membuats ssambap yang dapat dipraktekkan.

"Pertama panggang dulu dagingnya. Untuk tingkat kematangan sesuai selera saja," jelas partner KULO Group, Michael Bunyamin di acara pembukaan restoran panggang ala Korea, Pochajjang, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Baca juga: Churros Korea Ada di Jakarta, Ini Ulasan Rasanya...

Setelah daging dipanggang, jika ukurannya terlalu besar, Michael menyarankan untuk digunting dengan gunting yang tersedia agar lebih mudah dikunyah. 

Lalu ambil selada sebagai dasar bungkusan. Ambil sesendok nasi putih, taruh potongan daging panggang di atasnya.

Agar lebih terasa dan bagi yang suka rasa pedas, dapat menambahkan sambal ala Korea yang umum tersedia di restoran Korea.

Panggang daging ala Korea di Pochajjang.Kompas.com/Silvita Agmasari Panggang daging ala Korea di Pochajjang.

Orang Korea juga biasa menambahkan irisan bawang putih mentah atau sudah dipanggang di atas daging. Bawang putih berfungsi sebagai aromatik yang membuat makanan lebih wangi, lebih bertekstur, dan memberi cita rasa pedas getir di mulut.

"Kalau laki-laki biasa sekali caplok habis semua. Mungkin kalau perempuan bisa dua kali suapan," kata Michael.

Di restoran panggang Korea, sayuran seperti selada selalu dihidangkan bersamaan dengan ban chan atau makanan pembuka dengan porsi kecil.

Seperti di Pochajjang, sayuran selada dapat diambil sepuasnya, sama halnya dengan daging. Harga paket makan sepuasnya mulai dari Rp 99.000++ untuk daging premium dan Rp 129.900++ untuk daging wagyu. Waktu bersantap dibatasi sampai 90 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com