Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Tantangan #trashtag, Cocok Dilakukan saat Berwisata

Kompas.com - 26/03/2019, 21:18 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkali-kali netizen melahirkan tantangan yang dilakukan kemudian diunggah ke media sosial dan menjadi viral. Kini lahir tantangan baru bernama #trashtag tengah viral di media sosial, khususnya Instagram.

Seperti namanya, #trashtag merupakan tantangan mengumpulkan sampah di tempat umum seperti pantai, gunung, tempat parkir, atau taman.

Tantangan ini sebenarnya berawal sejak 2015, ketika sebuah perusahaan pakaian luar ruang UCO merilis tagar yang mengajak semua orang memungut sampah saat bertualang.

Baca juga: 4 Pantai di Indonesia yang Paling Banyak Diunggah di Instagram

Namun belakangan #trashtag menjadi populer ketika salah satu pengguna forum Reddit menyarankan #trashtag harusnya menjadi tantangan global untuk dampak yang lebih besar dan lebih baik.

Lewat pantauan KompasTravel di Instagram, Selasa (26/3/2019) tanda tagar ini telah disematkan ke 49.800 unggahan. Netizen dari berbagai latar belakang negara ikut serta dalam tantangan ini.

"Tantangan yang layak dilakukan! Menjaga lingkungan kita adalah prioritas. Menunggu pemerintah melakukan perubahan dari kebijakan mereka untuk lingkungan akan makan banyak waktu. Jadi apa yang harus dilakukan adalah berinisiatif dan melaksanakannya," tulis seorang netizen yang melakukan tantangan #trashtag, Marshi Pererz bersama dua orang sahabatnya di Italia.

Untuk ikut dalam tantangan #trashtag caranya sangat mudah. Hanya perlu menampilkan foto kondisi lingkungan sebelum dan sesudah dibersihkan.

Banyak yang memilih melakukan tantangan ini bersama teman, tetapi banyak juga yang melakukan sendiri. Selain di lingkungan tempat tinggal, tempat umum, tantangan ini juga banyak dilakukan di lokasi wisata.

Baca juga: 10 Tagar Seputar Travel Paling Populer di Instagram

Sampah, khususnya sampah plastik saat ini menjadi momok bagi bumi. Sejak 1950 sampai sekarang ada 8,3 miliar metrik ton plastik yang diproduksi.

Plastik yang tidak ramah lingkungan dan butuh waktu sangat panjang untuk terurai, banyak berujung ke laut, dikubur di tanah, dan dibakar.

Tantangan #trashtag diharapkan dapat membawa perubahan untuk lingkungan dan kesadaran lebih lanjut akan penggunaan barang yang berujung sampah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com