Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival "Khanduri Laot" di Sabang Sediakan 15.000 Nasi Bungkus

Kompas.com - 28/03/2019, 12:27 WIB
I Made Asdhiana

Editor

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Festival Khanduri Laot atau kenduri laut yang digelar pada 30 Maret hingga 1 April 2019 di Sabang, Provinsi Aceh akan menyediakan 15.000 nasi bungkus gratis untuk warga dan para wisatawan yang sedang berlibur di Sabang.

"Festival Khanduri Laot akan diikuti 74 peserta lomba memasak kuah beulangong (kuali besi) dan panitia menyediakan 15.000 nasi bungkus dari daun pisang pada, 31 Maret. Nasi tersebut digratiskan untuk warga dan wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Sabang, Faisal di Sabang, Rabu (27/3/2019).

Baca juga: Jadi Destinasi Kapal Pesiar, Sabang Siap Saingi Langkawi dan Phuket

Faisal menjelaskan, lomba memasak kuah beulangong tersebut dipusatkan di sepanjang Jalan Diponegoro di depan Pendapa Wali Kota Sabang  hingga ke arah kawasan Taman Ria, Gampong (desa) Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Sebanyak 74 peserta lomba memasak kuah beulangong terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama diperlombakan untuk kategori lokal yang diikuti 58 peserta.

Baca juga: Kuah Beulangong Simbol Perekat Silaturahmi

Selanjutnya, kelompok kedua peserta lomba kategori umum dan diikuti 16 peserta dari sejumlah rumah makan ternama yang ada di Kota Sabang dan Kota Aceh.

Proses pembuatan kuah beulangong, makanan khas Aceh yang disajikan dalam Festival Kopi dan Kuliner Aceh 2016 di Banda Aceh, Aceh, Rabu (11/5/2016). Pemerintah Provinsi Aceh bersama Pemerintah Kota Banda Aceh menyelenggarakan Festival Kopi dan Kuliner Aceh 2016 pada 10-12 Mei 2016 untuk semakin memperkenalkan kopi dan kuliner Aceh kepada wisatawan.KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH Proses pembuatan kuah beulangong, makanan khas Aceh yang disajikan dalam Festival Kopi dan Kuliner Aceh 2016 di Banda Aceh, Aceh, Rabu (11/5/2016). Pemerintah Provinsi Aceh bersama Pemerintah Kota Banda Aceh menyelenggarakan Festival Kopi dan Kuliner Aceh 2016 pada 10-12 Mei 2016 untuk semakin memperkenalkan kopi dan kuliner Aceh kepada wisatawan.
"Jadi, 16 peserta lomba kategori umum sudah berpengalaman. Masakan mereka sudah terkenal di kalangan masyarakat Aceh maupun wisatawan yang berlibur ke Banda Aceh dan Sabang," kata Faisal.

Baca juga: Tahun 2019 Aceh Targetkan 150.000 Wisman

Peserta lomba masak kuah beulangong kategori umum berasal dari rumah makan ternama di Banda Aceh dan Aceh Besar yakni, dari rumah makan Lem Bakrie, Hasan, Bak Trieng, Dek Gun, Ayam Pramugari dan Dek Gam 2.

Ada pun jumlah hadiah uang tunai yang disediakan panitia untuk peserta lomba masak kuah beulangong  yakni Rp 72.500.000. Kategori pertama terbuka untuk umum, juara 1 Rp 25 juta, juara 2 Rp 15 juta dan juara 3 Rp 10 juta.

"Kemudian, untuk lomba katagori lokal, juara 1 Rp 10 juta, juara 2 Rp 7,5 juta, dan juara 3 Rp 5 juta," kata Kadisparbud Kota Sabang.

Festifal Khanduri Laot di Kota Sabang merupakan agenda tahunan pemerintah setempat yang bertujuan untuk mempromosikan industri wisata bahari kepulauan paling barat Indonesia guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

Pantai di Sabang, Pulau Weh, Aceh.TAUFAN WIJAYA Pantai di Sabang, Pulau Weh, Aceh.
"Ajang ini sebagai upaya melestarikan masakan tradisional Aceh serta memperkenalkan masakan kuah beulangong kepada wisatawan domestik maupun internasional," imbuh Kadisparbud.

Festival tersebut akan menampilkan sejumlah atraksi seni budaya masyarakat pesisir kepulauan paling barat Indonesia di antaranya, atraksi adat melaut, lomba memancing tradisional, dan lomba kayuh perahu naga.

Kemudian, pentas pesona budaya, khanduri untuk aulia 44 dan anak yatim, dialog budaya dan silaturahmi Panglima Laot se-Aceh,  dan pameran produk kreativitas daerah pesisir. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com