Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Daftar Festival di Indonesia yang Digelar Bulan April 2019

Kompas.com - 01/04/2019, 11:24 WIB
Sherly Puspita,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sudah punya rencana liburan di bulan April ini? Jika belum, sepanjang bulan April 2019 ini akan digelar festival-festival menarik di berbagai wilayah di Indonesia.

Festival tahunan tersebut masuk dalam Calendar of Event nasional yang dirilis oleh Kementerian Pariwisata. Melalui beragam fertival ini, Anda tak hanya dapat menikmati keindahan alam Indonesia, namun juga kesenian dan kebudayaan yang melingkupinya.

Berikut daftar festival yang akan digelar sepanjang bulan ini.

Salah satu pemandanagn yang ditawarkan sebelum masuk gerbang Desa Bongo. Desa-desa di pinggiran Teluk Tomini memiliki pemandangan yang memikat.KOMPAS.COM/ROSYID AZHAR Salah satu pemandanagn yang ditawarkan sebelum masuk gerbang Desa Bongo. Desa-desa di pinggiran Teluk Tomini memiliki pemandangan yang memikat.

1. Festival Teluk Tomini, Sulawesi Tengah

Melalui Festival Teluk Tomini, Anda akan diajak melihat kearifan budaya masa lalu yang sudah ratusan tahun tenggelam. Akan ada banyak atraksi dan seni budaya yang akan ditampilkan yang mengangkat kembali nilai-nilai budaya yang arif dan luhur masyarakat Sulawesi Tengah.

Festival ini akan digelar mulai 1 Oktober 2019 hingga 10 Oktober 2019 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Festival ini digelar oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk informasi lebih lengkap Anda dapat menghubungi panitia penyelenggara di nomor 082393072037.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, H. Jarianto memberikan keterangan pers terkait acara Majapahit Travel Fair 2017 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (6/4/2017). Majapahit Travel Fair digelar pada 13-16 April 2017 di Grand City Convex, Surabaya, Jawa Timur.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, H. Jarianto memberikan keterangan pers terkait acara Majapahit Travel Fair 2017 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (6/4/2017). Majapahit Travel Fair digelar pada 13-16 April 2017 di Grand City Convex, Surabaya, Jawa Timur.

2. Majapahit Travel Fair, Jawa Timur

Majapahit Travel Fair (MTF) merupakan agenda tahunan berskala internasional terbesar di wilayah Indonesia Timur. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan utama MTF adalah Travel Exchange (Travex) antara seller dari dalam negeri dan buyer dari dalam dan luar negeri, serta kegiatan pendukung antara lain pameran dan bursa pariwisata, workshop, penampilan kesenian, hingga aneka lomba.

Acara ini akan digelar di Surabaya, Jawa Timur pada 11 hingga 14 Apri 2019. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi panitia penyelenggara di nomor 0818531815.

Pantai Tanjung Setia terkenal sebagai salah satu spot berselancar yang dimiliki kota Lampung.qubicle.id Pantai Tanjung Setia terkenal sebagai salah satu spot berselancar yang dimiliki kota Lampung.
3. Krui World Sufering League, Lampung

Krui World Sufering League atau Krui Pro merupakan sebuah acara olahraga surfing internasional yang melibatkan atlet surfing mancanegara. Acara ini diadakan di Pantai Tanjung Setia tepatnya di Ujung Bocur Surfing Spot.

Krui Pro tahun ini bekerja sama dengan World Surf League (WSL) & Asian Surf Championship (ASP) sebagai promotor dan pelaksana resmi perlombaan surfing di Asia dan dunia.

Acara ini akan digelar pada tanggal 19 hingga 20 April 2019. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi nomor 082186839738.

Suasana lokasi wisata Situ Bagendit di Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019). Pemerintah Pusat dan Pemprov Jabar akan merevitalisasi Situ Bagendit seluas 150 hektare menjadi destinasi wisata kelas dunia dengan mengalokasi anggaran sebesar Rp130 miliar yang akan dimulai pada tahun 2019 ini.ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI Suasana lokasi wisata Situ Bagendit di Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019). Pemerintah Pusat dan Pemprov Jabar akan merevitalisasi Situ Bagendit seluas 150 hektare menjadi destinasi wisata kelas dunia dengan mengalokasi anggaran sebesar Rp130 miliar yang akan dimulai pada tahun 2019 ini.

4. Gebyar Pesona Budaya Garut, Jawa barat

Dalam kegiatan ini Anda akan menemukan Pameran Multi Produk Unggulan serta Komunitas Otomotif Garut. Kegiatan ini digelar sebagai salah satu upaya pelestarian, pembinaan, pengembangan dan pemberdayaan seni tradisional yang disatupadukan dengan musik modern.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut ini akan diselenggarakan pada tanggal 20 hingga 21 April 2019 di Kabupaten Garut.

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi panitia pelaksana melalui alamat email diskominfo@garutkab.go.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com