Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

5 dari 10 Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019 Ada di Indonesia

Kompas.com - 10/04/2019, 09:46 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com-Indonesia dinobatkan menjadi nomor 1 Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019. Keberhasilan itu kian lengkap setelah dinyatakan jika 5 dari 10 destinasi wisata halal terbaik dunia 2019 ada di Indonesia. 

“Luar biasa. Semua indikator terbaik dimiliki ke-5 destinasi yang luar biasa ini,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (10/4/2019).

Lima destinasi tersebut adalah Lombok, Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, Jakarta, serta Sumatera Barat.

Adapun penilaian wisata halal pada 5 destinasi itu didasarkan pada aksesibilitas, komunikasi, lingkungan, dan pelayanan. 

Dalam penilaian itu, Lombok mendapatkan skor 70 atau naik 2 poin dari tahun sebelumnya. 

Pertumbuhan positif juga didapatkan Sumatera Barat dan Jakarta. Tahun ini, destinasi halal Sumatera Barat mendapatkan 59 poin atau naik 4 angka dari 2018. Jakarta juga mendapatkan skor 59 atau naik 3 angka dari tahun sebelumnya. 

“Posisi Lombok sebagai destinasi wisata terbaik dalam beberapa tahun terakhir memang luar biasa. Indikator aspeknya sangat bagus,” terang Menpar.

Lonjakan signifikan juga terlihat dari poin yang didapatkan Aceh dan Riau-Kepulauan Riau. Aceh menduduki posisi kedua dengan 66 poin.

Jumlah tersebut melonjak 9 angka dibandingkan 2018. Sedangkan Riau-Kepulauan Riau mendapat 62 poin atau surplus 13 angka dari 2018. 

Publikasi Indonesia dinobatkan sebagai destinasi halal nomor satu versi Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019 diPullman Hotel, Jakarta, Selasa (9/4/2019).Dok Humas Kemenpar Publikasi Indonesia dinobatkan sebagai destinasi halal nomor satu versi Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019 diPullman Hotel, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Menpar menambahkan, wilayah ini memiliki perkembangan infrastruktur luar biasa. Karena itu lah poinnya terkerek naik signifikan.

“Pertumbuhan Aceh dan Riau-Kepulauan Riau sangat luar biasa. Area ini pertumbuhannya signifikan. Kami harap, wisatawan akan nyaman saat berkunjung ke wilayah-wilayah itu. Selain atraksinya yang luar biasa, wilayah ini juga ditopang fasilitas terbaik,” lanjutnya lagi.

Untuk aksesibilitas, Lombok ditopang bandara dengan kapasitas besar dan ditambah dua pelabuhan. Jalan raya mengalami perkembangan 9.566,42 kilometer area jalan.

Lalu, wilayah Aceh didukung satu bandara internasional dan 12 bandara domestik. Ada 125 rute bus antar kota dan 1.069.032 kilometer area jalan.

Kemudian, Riau-Kepulauan Riau (Kepri) didukung dua bandara internasional, 84 rute bus, dan area jalan 1.374.004 kilometer.

Selain aksesibilitas, aspek komunikasi wilayah itu juga optimal. Stakeholder education Lombok memiliki 30 event, lalu jangkauan marketnya 50 event halal dengan 4 tipe brosur. Untuk digital marketingnya mengandalkan GenPI dan Poltekpar Lombok. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com