Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas! Sembarangan "Selfie" di Pantai Ini Bisa Terancam Hukuman Mati

Kompas.com - 10/04/2019, 19:09 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pantai-pantai di kawasan Phuket menjadi salah satu destinasi yang digemari wisatawan yang berkunjung ke Thailand. Beberapa pantai Phuket yang paling populer dan indah adalah Pantai Patong, Pantai Karon, Pantai Surin, Pantai Nai Harn, dan tentu saja, Pantai Mai Khao.

Terletak di pantai barat laut Phuket, Pantai Mai Khao, khususnya, menawarkan wisata air hangat, pasir keemasan, dan air sebening kristal. Tak salah jika banyak wisatawan berduyung-duyung datang ke pantai ini dan mengabadikan momen berlibur dengan berselfie hingga mengambil video.

Namun taukah Anda, di pantai ini Anda tak dapat sembarangan mengambil gambar. Pihak berwenang di Thailand akan mengenakan hukuman penjara hingga hukuman mati bagi wisatawan yang melanggar.

Mengapa demikian?

Dikutip dari situs Travel Wire Asia, Pantai Mai Kho berada di posisi yang sangat dekat dengan Bandara Phuket. Oleh sebab itu di pantai itu wisatawan dapat melihat pesawat yang terbang sangat rendah.

Swafoto dengan latar pesawat yag tengah terbang rendah sangat membahayakan keselamatan wisatawan itu sendiri. Tak hanya itu, hal ini juga dapat membahayakan penerbangan.

“Ini karena tindakan seperti itu bisa mengalihkan perhatian kru di kokpit dan pada akhirnya membahayakan nyawa semua penumpang,” isi informasi dalam website tersebut.

Baca juga: Mengintip 4 Hotel Halal di Phuket

Tak hanya larangan selfie dan mengambil video, pemerintah Thailand juga melarang wisatawan menerbangkan drone dan melakukan hal ain yang dapat membahayakan penerbangan.

“Menurut ketentuan dalam Undang-Undang Navigasi Udara negara itu, siapa pun dilarang menerbangkan drone, menyalakan lampu atau laser bahkan berpose saat pesawat mendekat. Jika dlanggar kemungkinan akan dikenakan hukuan  penjara  atau lebih buruk lagi, menghadapi hukuman mati,” isi informasi tersebut.

Pemerintah Thailand juga telah memberlakukan zona berbahaya di jarak 9 kilometer dari badara. Jadi jika berlibut ke pantai ini perhatikan aturan yang berlaku agar tak justru menuai masalah hukum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com