Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenpar Targetkan 4 Juta Wisman Kunjungi Kepulauan Riau

Kompas.com - 11/04/2019, 16:05 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata mematok target 4 juta wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Kepulauan Riau (Kepri) sepanjang tahun 2019.

Angka tersebut naik dari target rata-rata nasional sebesar 12 persen.

“Target Kepri 4 juta wisman, naik 25 persen lebih tinggi dari rata-rata nasional 12 persen,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Radisson Hotel, Batam, Rabu (10/4/2019).

Baca juga: Kepulauan Riau Catat Kenaikan Jumlah Kunjungan Wisman

Arief mengatakan, pihaknya akan turut menyokong sejumlah bantuan untuk mencapai target tersebut.

Salah satu bantuannya adalah program Hot Deals yang telah berjalan dari tahun 2017. Untuk tahun ini, target penjualannya melebihi realisasi tahun lalu.

Kemenpar akan bantu salah satunya dengan program Hot Deals yang tahun lalu sukses terjual 700 ribu pax. Tahun ini tagetnya 1 juta pax,” ujarnya.

Baca juga: Pesawat Terbang Laut Disebut Solusi Transportasi di Kepulauan Riau

Kendati demikian, lanjut Arief, target tersebut sebenarnya belum maksimal untuk Kepri yang notabene memiliki potensi untuk menjaring wisman pelintas batas (crossborder) yang sangat besar.

Warga berfoto dengan latar belakang pemandangan Jembatan Barelang di Batam, Kepulauan Riau, Minggu (8/2/2015). Jembatan ini merupakan satu dari enam jembatan yang dibangun untuk menghubungkan enam pulau di Batam, yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.KOMPAS.COM / RODERICK ADRIAN MOZES Warga berfoto dengan latar belakang pemandangan Jembatan Barelang di Batam, Kepulauan Riau, Minggu (8/2/2015). Jembatan ini merupakan satu dari enam jembatan yang dibangun untuk menghubungkan enam pulau di Batam, yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.
Untuk itu, Kemenpar akan memanfaatkan negara penyangga Indonesia, khususnya Singapura untuk menarik wisatawan membeli paket Hot Deals.

“Kedua program itu adalah menjaring wisatawan atau ekspatriat yang ada di Singapura membeli Hot Deals. Serta menjadikan Singapura sebagai hub, kita attracts ke Indonesia,” tambah Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com