Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Daftar Tempat Wisata Gratis di Jakarta pada Hari Pencoblosan

Kompas.com - 16/04/2019, 11:02 WIB
Sherly Puspita,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pesta demokrasi lima tahunan akan digelar melalui Pemilihan Umum (Pilpres) pada 17 April 2019. Pada tanggal tersebut seluruh masyarakat Indonesia akan diberi kesempatan memilih presiden, wakil presiden, anggota DPR-RI, anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD Kabupaten/Kota, dan anggota DPD.

Untuk menyambut pesta demokrasi itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menggratiskan tiket masuk 14 destinasi wisata di Jakarta yang dikelola pemerintah daerah.

Program tiket masuk gratis ini dimulai pada pukul 13.00 dan hanya berlaku pada tanggal 17  April 2019. Berikut daftar tempat wisata di Jakarta yang gratis pada hari pencoblosan.

1. Monumen Nasional (Monas)

Terletak di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Monas telah tersohor hampir di seluruh penjuru negeri. Melalui monumen peringatan setinggi 132 meter ini Anda dapat melihat pemandangan kota Jakarta.

2. Anjungan DKI di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Anjungan DKI terdapat di dalam kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Di sana Anda dapat menyaksikan miniatur DKI dan beragam kebudayaannya. Untuk menuju TMII Anda dapat menggunakan beragam transportasi umum, salah satunya Transjakarta.

3. Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Kawasan wisata Setu Babakan terletak di Jalan RM Khafi, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di tempat ini Anda dapat melihat dan mempelajari beragam kebidayaan masyarakat Betawi.

4. Planetarium

Planetarium terletak di Jalan Cikini Raya, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat tepatnya di dalam Taman Ismail Marzuki. Di tempat ini Anda akan menyaksikan pertunjukan atau peragaan simulasi perbintangan atau benda-benda langit.

Museum Fatahillah adalah salah satu objek wisata di kawasan Taman Fatahillah, Jakarta Barat yang menjadi tujuan terpopuler pengunjung di Kota Tua. KOMPAS.com/ RIMA WAHYUNINGRUM Museum Fatahillah adalah salah satu objek wisata di kawasan Taman Fatahillah, Jakarta Barat yang menjadi tujuan terpopuler pengunjung di Kota Tua.

5. Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta atau kerap disebut Museum Fatahillah terletak di Jalan Taman Fatahillah, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Museum ini terletak di dekat kawasan wisata Kota Tua, dekat stasiun Jakarta Kota.

6. Museum Joang 45

Museum ini terletak di Jalan Menteng Raya 31, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Letakya tak terlalu jauh dari Monas. Di museum ini Anda dapat melihat jejak perjuangan Kemerdekaan RI dengan koleksi benda-benda peninggalan para pejuang Indonesia.

7. Museum MH Thamrin

Museum MH Thamrin atau Gedung Mohammad Hoesni Thamrin terletak di Jalan Kenari, Senen, Jakarta Pusat.

Museum ini memiliki koleksi foto reproduksi, radio dan barang-barang milik, serta kepustakaan tentang kiprah perjuangan Mohammad Hoesni Thamrin dalam pergerakan nasional Indonesia.

Museum Thamrin, museum yang menampilkan memorabilia atas pahlawan asal Betawi, Mohammad Husni Thamrin.KOMPAS.com/NICKY AULIA WIDADIO Museum Thamrin, museum yang menampilkan memorabilia atas pahlawan asal Betawi, Mohammad Husni Thamrin.

8. Museum Prasasti

Museum Prasasti terletak di Jalan Tanah Abang, Gambir, Jakarta Pusat. Museum ini memiliki koleksi prasasti nisan kuno serta miniatur makam khas dari 27 provinsi di Indonesia. Museum ini juga memiliki koleksi kereta jenazah antik.

9. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik terletak di Jalan Pos Kota, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Museum ini letaknya berdekatan dengan Museum Sejarah Jakarta.

10. Museum Wayang

Museum Wayang juga masih berada di kawasan Kota Tua. Museum ini tepatnya terletak di Jalan Pintu Besar Utara, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.

Di museum ini Anda akan dapat menyaksikan berbagai jenis dan bentuk wayang dengan bahan baku yang beraneka ragam dari berbagai wilayah di Indonesia dan negara lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com