Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunjukkan Jari Ungu, 8 Museum di Jakarta Ini Gratis Tiket Masuk

Kompas.com - 16/04/2019, 21:06 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pesta demokrasi esok hari akan diselenggarakan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Dalam rangka itu, banyak destinasi wisata menawarkan berbagai promo menarik untuk para wisatawan yang menunjukkan tinta ungu di jari kelingking usai mencoblos.

Tak ketinggalan, obyek wisata seperti museum juga tak ketinggalan memberikan penawaran menarik khusus untuk pengunjung yang menggunakan hak suaranya. Bahkan, sejumlah museum di bilangan DKI Jakarta menggratiskan biaya masuknya.

Berikut daftar museum di Jakarta yang menggratiskan biaya masuk pada saat Pemilu, 17 April 2019:

1. Museum Fatahillah

Museum yang merupakan bekas balai kota ini terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Wisatawan bisa meliha berbegai macam ornamen tua sekaligus ruang tahanan pada masa pemerintahan VOC sejak abad ke -17.

2. Museum Joang 45

Berlokasi di Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Museum Joang 45 menyajikan sejarah kental perjuangan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan ketika wilayah Indonesia masih diduduki para penjajah.

3. Museum M.H. Thamrin

Museum ini berada di dekat Universitas Indonesia kampus Salemba, Jakarta Pusat. Di sini menampilkan beberapa koleksi foto, radio, dan barang-barang lain peninggalan MH Thamrin. Sejumlah studi kepustakaan tentang perjuangannya juga bisa dilihat.

4. Museum Taman Prasasti

Museum ini merupakan cagar budaya peninggalan kolonial belanda di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Di sini terdapat banyak koleksi nisan kuno dan miniatur makam khas 27 provinsi di Indonesia. Selain itu, ada juga koleksi kereta antik.

5. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum ini terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, letaknya bersebelahan dengan Museum Fatahillah. Wisatawan dapat melihat koleksi kramik dan juga lukisan tua yang berjejer di dinding Museum.

6. Museum Wayang

Seperti namanya, Museum Wayang memiliki koleksi wayang yang dapat dilihat para wisatawan. Letaknya juga berseberangan dengan Museum Fatahillah, Jakarta Barat.

7. Museum Tekstil

Berada di Tanah Abang, Jakarta Barat, Museum Tekstil mulanya merupakan rumah pribadi seorang warga negara Perancis yang dibangun pada Abad-19. Wisatawan akan disuguhkan berbagai macam olahan tekstil seperti batik dan baju khas lainnya.

8. Museum Bahari

Museum Bahari menyajikan sejumlah koleksi yang berhubungan dengan kenelayanan Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Museum ini berada di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com